kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Buah yang bisa membuat kulit bercahaya dan kenyal


Senin, 19 April 2021 / 12:59 WIB
6 Buah yang bisa membuat kulit bercahaya dan kenyal


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebanyakan orang pasti mengidamkan kulit sehat dan bercahaya. Ini 6 buah yang bisa membantu membuat kulit lebih bercahaya dan kenyal.  

Di tengah banyaknya suplemen yang memiliki janji untuk menyehatkan kulit, sehat dari dalam pun bisa Anda dapatkan dengan konsumsi buah-buah untuk kulit ini. 

Baca Juga: 5 Sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi

Apa saja? Berikut ini beberapa jenis buah untuk kulit agar tetap sehat dan terawat. 

1. Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak sehat untuk kulit agar elastis dan tetap lembap. Para ilmuwan menemukan, konsumsi lemak sehat dalam buah alpukat terkait dengan kulit yang kenyal. 

Tak hanya itu, buah kehijauan ini juga menjadi sumber vitamin E yang baik. Vitamin E dapat berperan menjadi molekul antioksidan yang membantu kulit terlindungi dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. 

Menurut riset, manfaat vitamin E tersebut dapat menjadi optimal dengan konsumsi vitamin C, yang juga terkandung dalam buah alpukat. 

Vitamin C pun memiliki sifat antioksidan dan membantu produksi kolagen untuk kulit yang sehat. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kulit kasar dan kering. 

2. Tomat

Tomat kaya dengan vitamin dan mengandung pigmen alami karotenoid seperti likopen. 

Vitamin C dalam tomat telah terbukti sebagai molekul antioksidan yang juga menjaga kesehatan kulit, termasuk dengan membantu produksi kolagen. 

Sementara itu, likopen dibuktikan para ahli mampu melindungi kulit dari matahari. Likopen juga dapat mencegah kerutan. 

Anda dapat membantu tubuh agar optimal dalam menyerap karotenoid seperti likopen dengan mengonsumsi sedikit sumber lemak sehat bersama tomat. Sumber makanan lemak sehat tersebut termasuk minyak zaitun.

3. Blueberry

Buah blueberry mengandung vitamin A dan vitamin C, yang telah dikenal dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. 

Tak hanya itu, buah ini memiliki molekul antioksidan antipenuaan, yang disebut antosianin. Antosianin menjadi zat yang memberikan warna biru yang cantik pada buah blueberry. 

Vitamin A, vitamin C, dan antosianin dapat melindungi kulit dari kerusakan, akibat sengatan matahari, stres, dan polusi udara. 

Zat-zat tersebut bekerja dengan meredakan respons peradangan dan mencegah kulit kehilangan kolagen. Buah berry lain pun dapat membantu kesehatan kulit, termasuk stroberi, raspberry, dan blackberry.

4. Pepaya

Orang Indonesia mana yang tak kenal buah yang lezat ini? Buah untuk kulit ini mengandung molekul antioksidan, vitamin, dan mineral yang membantu meningkatkan elastisitas kulit. 

Selain itu, kandungan buah pepaya tersebut juga mengurangi penampakan garis halus dan kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan. 

Beberapa kandungan buah pepaya yang membuatnya cocok menjadi buah untuk kulit, yaitu: vitamin A, C, K, dan E Beragam vitamin B, kalsium, fosforus, kalium, magnesium. 

Lebih memukau lagi, buah pepaya mengandung enzim yang disebut papain. Papain sering ditambahkan ke dalam produk-produk eksfoliasi kulit yang dapat bertindak sebagai zat antiperadangan dan mencegah penuaan.

5. Jambu biji

Jambu biji mungkin menjadi salah satu buah yang juga populer di Indonesia. Selain itu, jambu biji juga menjadi buah sehat yang bisa Anda konsumsi. 

Jambu biji, bersama buah tropis lain (mangga, kiwi, dan nanas), menjadi sumber vitamin C yang baik. Konsumsi vitamin C telah dikaitkan dengan peningkatan produksi kolagen. 

Selain itu, jambu biji juga memiliki sedikit zinc, salah satu faktor untuk produksi kolagen.  

6. Jeruk

Jeruk telah menjadi buah yang identik dengan vitamin C, yang berkaitan dengan produksi kolagen untuk kulit yang sehat. 

Selain jeruk, buah sitrus lain pun dapat menjadi buah untuk kulit yang mudah dicari, seperti lemon dan jeruk bali. 

Tak hanya buah-buahan yang baik untuk kulit yang sehat dan terawat. Kelompok makanan lain pun dapat kita konsumsi, untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi yang bervariasi. 

Beberapa makanan yang baik untuk kulit, yaitu: 

  • Teh hijau 
  • Cokelat hitam (dark chocolate) 
  • Sayur brokoli dan sayuran hijau lain 
  • Kacang-kacangan 
  • Daging ikan 
  • Daging ayam 
  • Putih telur 
  • Bawang putih 

Kesehatan kulit dapat dijaga dengan konsumsi buah dan makanan sehat. Anda pun tentu tak kesulitan dalam mencari buah di atas. 

Selain itu, kita juga perlu menerapkan gaya hidup sehat seperti tidur cukup, rajin membersihkan kulit terutama setelah bepergian, dan cukup minum air putih.(Wisnubrata) 

Baca Juga: 7 Manfaat daun mangga untuk kesehatan yang belum banyak diketahui

Selanjutnya: 7 Buah segar yang bisa membantu menurunkan berat badan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Jenis Buah agar Kulit Lebih Bercahaya dan Kenyal", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×