kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Bahan ini bisa diolah sebagai masker alami untuk wajah


Jumat, 19 Februari 2021 / 08:29 WIB
6 Bahan ini bisa diolah sebagai masker alami untuk wajah
ILUSTRASI. Madu bisa dikombinasikan dengan bahan lain sebagai masker alami untuk wajah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda memiliki banyak masalah kulit, seperti komedo, jerawat, dan bekas jerawat? Jika iya, cobalah memakai masker alami untuk wajah secara rutin. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar Anda.

Sebenarnya, ada banyak produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Namun, produk-produk itu terbuat dari bahan kimia. Dikhawatirkan, kulit Anda menjadi iritasi karena sering terkena bahan kimia dalam produk itu.

Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, bahan alami bisa Anda jadikan pilihan. Bahan-bahan yang Anda pakai bisa disesuaikan dengan masalah kulit yang Anda alami. Dengan begitu, masalah kulit bisa teratasi dengan lebih efektif.

Yogurt, Oatmeal, Madu

Kulit kering yang terlihat kusam jadi salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasi hal tersebut, Cosmopolitan (cosmopolitan.com) merekomendasikan masker yang terbuat dari yogurt, oatmeal, dan madu.

Anda hanya perlu mencampur 1 sdm yogurt greek dengan 1 sdt madu dan 1 sdt oatmeal. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapat kulit yang lembab dan lembut.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bopeng, bisa pakai bahan alami

Lidah Buaya dan Tea Tree Oil

Lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai masker alami untuk wajah.

Masker alami untuk wajah selanjutnya bisa Anda buat menggunakan gel lidah buaya dan tea tree oil. Kombinasi bahan tersebut cocok dipakai untuk mengatasi masalah jerawat. Tea tree oil mengandung antibakteri yang berguna untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Sedangkan gel lidah buaya mampu menenangkan kulit yang memerah dan meradang akibat jerawat. Caranya, campur 1 sdm gel lidah buaya dan satu tetes tea tree oil. Gunakan campuran itu pada wajah selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Manfaat tomat untuk wajah, bisa jadi pelembab wajah

Alpukat dan Madu

Alpukat dan madu adalah bahan alami selanjutnya yang bisa Anda olah sebagai masker alami untuk wajah. Mengutip dari Cosmopolitan, asam lemak dalam alpukat mampu melembabkan kulit secara maksimal. Sedangkan madu mengandung astringen alami yang dapat mengobati jerawat.

Pertama, tumbuk setengah alpukat hingga halus lalu campur dengan 1 sdm madu. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, gunakan masker tersebut pada wajah selama minimal 10 menit. Cobalah untuk memakainya secara rutin agar kondisi kulit tetap terjaga.

Selanjutnya: Cocok jadi obat jerawat, ini 4 manfaat cuka apel untuk Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×