kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Tanda Melemahnya Sistem Imun Tubuh Sering Tak Kita Sadari


Sabtu, 06 Januari 2024 / 18:34 WIB
5 Tanda Melemahnya Sistem Imun Tubuh Sering Tak Kita Sadari
ILUSTRASI. 5 Tanda melemahnya sistem imun tubuh ini acap tak kita sadari. REUTERS/Phil Noble

Sumber: Kompas.com | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjaga sistem imunitas sangat penting di tengah masa pandemi ini. Pasalnya, sistem imun yang lemah bisa membuat kita berisiko besar mengalami infeksi atau tertular berbagai penyakit.

Sistem imun memang bertugas melindungi kita dari berbagai penyakit, infeksi, dan mempercepat pemulihan setelah sakit. Sistem ini terdiri dari sel darah putih, antibodi, dan berbagai komponen lain, termasuk kelenjar getah bening, untuk membentuk sistem kekebalan tubuh.

Namun, banyak faktor yang bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh sehingga kita rentan jatuh sakit. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah biasanya rentan mengalami gangguan autoimun, peradangan pada organ internan, anemia, dan gangguan pencernaan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Tubuh dan Fungsinya Masing-Masing

Pada anak-anak, sistem imunitas yang lemah juga bisa membuat mereka mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan.

5 tanda melemahnya sistem imun tubuh ini acap tak kita sadari

Tanda sistem imun lemah

Melemahnya sistem imun biasanya membuat kita mudah jatuh sakit dan sering merasa lelah. Selain itu, seringkali sistem imun yang melemah tidak disertai gejala awal yang jelas sehingga banyak orang tak menyadarinya.

Menghimpun data Penn Medicine, berikut tanda awal melemahnya sistem imun:

1. Tingkat stres sangat tinggi

Berdasarkan laporan American Psychological Association, stres jangka panjang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut pakar pengobatan internal Nadia Hasan, stres bisa menurunkan limfosit tubuh atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi. "Semakin rendah tingkat limfosit, semaki tinggi risiko kita terkena infeksi," ucapnya.

Baca Juga: Kewalahan Terserang Batuk Kering, Cobalah 5 Cara untuk Meredakan

2. Sering pilek atau meriang

Meriang atau pilek memang bisa sembuh dengan sendirinya hanya dalam hitungan hari. Sistem kekebalan tubuh juga membutuhkan tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan patogen penganggu.

Namun, terus-menerus pilek dan meriang bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang kewalahan mengatasi gangguan yang ada pada tubuh kita.

3. Sering mengalami masalah pencernaan

Sering mengalami diare, kembung, atau sembelit bisa menjadi pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang terganggu. Penelitian menunjukan hampir 70 persen sistem kekebalan tubuh terletak di saluran pencernaan.

Selain itu, di dalam pencernaan juga terdapat berbagai bakteri dan mikroorganisme baik yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Jika jumlah mikroorganisme atau bakteri tersbut berkurang, kita bisa berisiko besar mengalami infeksi, perdangan kronis, hingga gangguan autoimun.

Baca Juga: 15 Manfaat Air Rebusan Jahe, Sereh, & Gula Merah, Bisa Jaga Kolesterol & Gula Darah

4. Penyembuhan luka berlangsung lama

Saat kulit mengalami luka, tubuh akan bekerja untuk menyembuhkannya dengan mengirimkan darah kaya nutrisi agar terjadi regenerasi kulit baru.

Namun, proses ini bergantung pada kekuatan sistem kekebalan tubuh. Jadi, sistem kekebalan tubuh yang lemah akan membuat regenerasi kulit berjalan lambat sehingga luka sulit sembuh.

5. Sering merasa lelah

Sering merasa lelah padahal tidur sudah cukup bisa menjadi pertanda sistem kekebalan tubuh sedang melemah. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh juga turut mempengaruhi tingkat energi.

“Itu terjadi karena tubuh berusaha menghemat energi agar sistem kekebala mampu melawan bakteri atau virus," ucap Hasan. (Ariska Puspita Anggraini)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tanda Melemahnya Sistem Imun yang Kerap Tak Disadari"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×