kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Rekomendasi obat sakit pinggang alami yang mudah dicoba


Selasa, 06 April 2021 / 13:07 WIB
5 Rekomendasi obat sakit pinggang alami yang mudah dicoba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit pinggang adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin parah, ada banyak obat sakit pinggang alami yang bisa Anda gunakan.

Sebenarnya, ada banyak obat sakit pinggang di apotik yang bisa Anda coba. Namun, biasanya jenis obat tersebut hanya memberikan efek sementara. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan supaya sakit pinggan tak sering terjadi.

Jika sakit pinggang yang sedang Anda rasakan semakin parah, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Bisa jadi kondisi tersebut menandakan masalah lain yang lebih serius. Pastikan pula untuk menggunakan cara-cara berikut sesuai dengan pengawasan dokter.

Gunakan Postur Tubuh yang Baik

Mengutip dari Web MD (webmd.com), usahakan untuk menggunakan postur tubuh yang baik saat Anda melakukan kegiatan sehari-hari. Jika Anda mengalami kesulitan untuk melakukan hal itu, tidak ada salahnya untuk memakai alat bantu, perekat, pita elastis, atau alat bantu yang lain.

Baca Juga: Bahan rumahan ini bisa jadi obat sakit pinggang

Kompres

Kompres adalah obat sakit pinggang alami yang sudah cukup sering digunakan. Umumnya, kompres panas digunakan untuk mengendurkan otot di bagian pinggang yang menegang. Sedangkan ompres dingin Anda butuhkan untuk meredakan peradangan.

Kunyit

Kunyit bisa Anda manfaatkan sebagai obat sakit pinggang alami.

Obat sakit pinggang alami selanjutnya yang bisa Anda coba adalah kunyit. Jenis rempah itu mampu meredakan peradangan yang menyebabkan sakit pinggang. Selain memanfaatkan kunyit, ada baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi makanan lain yang memenuhi kebutuhan gizi Anda.

Contohnya, kekurangan magnesium membuat otot lemah dan mudah kram. Maka dari itu, konsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak magnesium. Jika diperlukan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral tertentu supaya kebutuhan tubuh Anda tercukupi.

Baca Juga: Sakit perut bagian bawah, 4 faktor ini bisa jadi penyebabnya

Gunakan Handuk

Tahukah Anda bahwa handuk juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit pinggang? Web MD merekomendasikan Anda untuk meletakkan handuk yang sudah digulung di bawah pinggang saat Anda berbaring.

Berhenti Merokok

Cara mengobati sakit pinggang lainnya yang patut dicoba adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Menurut sebuah penelitian, perokok aktif memiliki risiko empat kali lebih besar mengalami masalah tulang belakang. Hal itu disebabkan karena nikotin dalam rokok mengganggu kondisi tulang belakang Anda.

Selanjutnya: 5 Rekomendasi obat sembelit, terbuat dari bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×