kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Rekomendasi makanan yang mengandung vitamin K


Jumat, 29 Januari 2021 / 10:34 WIB
5 Rekomendasi makanan yang mengandung vitamin K


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat vitamin K untuk tubuh. Mulai dari mencegah penyakit jantung dan penggumpalan darah, hingga memperkuat tulang. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan.

Mengutip dari Prevention (prevention.com), ada dua jenis vitamin K, yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. Vitamin K1 adalah jenis vitamin K yang ada di tumbuhan, sedangkan vitamin K2 berasal dari makanan fermentasi dan hewan.

Untuk wanita, direkomendasikan untuk mengonsumsi 122 mcg vitamin K per hari dan jumlah vitamin K untuk pria adalah 138 mcg per hari. Supaya jumlah tersebut bisa terpenuhi, cobalah untuk mengonsumsi beberapa sumber vitamin K yang ada di sekitar Anda.

Brokoli

Brokoli termasuk dalam makanan yang mengandung vitamin K. Dalam ½ gelas brokoli rebus, Anda bisa mendapat 110 mcg vitamin K. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C dan nutrisi penting lain yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca Juga: Jus buah dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, bahannya mudah didapat

Kedelai

Prevention mengatakan bahwa Anda bisa mendapat 43 mcg vitamin K dari mengonsumsi ½ gelas kedelai rebus. Tak hanya mengandung banyak vitamin K, kedelai memiliki banyak protein, vitamin, dan mineral lain sehingga jumlah kolesterol bisa terkontrol dan pertumbuhan sel kanker bisa dicegah.

Wortel

Wortel adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin K.

Tidak hanya brokoli dan kedelai, Anda bisa memilih wortel sebagai makanan yang mengandung vitamin K. Dalam 6 ons wortel, Anda bisa mendapat 28 mcg vitamin K. Wortel juga terkenal memiliki banyak beta karoten sehingga kesehatan mata Anda bisa terjaga.

Dengan mengonsumsi wortel secara rutin, sistem imun tubuh, metabolisme, dan kesehatan kulit akan meningkat. Anda bisa mengolah wortel menjadi jus atau mengkombinasikannya dengan makanan lain yang kaya nutrisi.

Baca Juga: 4 Pilihan makanan yang mengandung lemak agar tetap sehat

Delima

Salah satu jenis buah yang memiliki banyak vitamin K adalah buah delima. Jenis buah ini pun memiliki banyak antioksidan yang bisa melawan serangan radikal bebas dan mengurangi peradangan. Selain memenuhi kebutuhan vitamin K, delima juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Labu

Dalam ½ labu kaleng, Anda bisa mendapat 20 mcg vitamin K dan nutrisi penting lainnya, seperti serat, vitamin C, dan vitamin A. Cobalah untuk memakan labu bersama oatmeal, yogurt, atau makanan sehat lainnya supaya kesehatan tubuh Anda terjaga.

Selanjutnya: Jaga kondisi tubuh dengan 5 makanan sehat ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×