kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Obat asam lambung ini berasal dari bahan-bahan alami


Senin, 29 Maret 2021 / 12:03 WIB
5 Obat asam lambung ini berasal dari bahan-bahan alami
ILUSTRASI. Pisang dapat Anda manfaatkan sebagai obat asam lambung.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Obat asam lambung perlu segera Anda konsumsi supaya kondisi kesehatan tak semakin parah. Alih-alih menggunakan obat yang dijual di apotek, cobalah untuk mengonsumsi bahan-bahan alami. Misalnya, cengkih, semangka, jahe, dan lain sebagainya.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan asam lambung Anda naik. Mulai dari terlalu banyak makan, melewatkan jadwal makan, terlalu banyak mengonsumsi kafein, alkohol, dan makanan pedas. Tak hanya itu, pola hidup yang tidak sehat juga bisa jadi faktor pemicu, lo.

Usahakan untuk mendapat waktu tidur yang beristirahat dan mengelola stres dengan baik, ya. Jika tidak, masalah asam lambung bisa semakin parah. Supaya hal itu tidak terjadi, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan almi ini.

Pisang

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), mengonsumsi pisang dapat menteralkan asam lambung dalam sistem pencernaan Anda. Dengan begitu, sensasi terbakar yang terasa di saluran pencernaan bisa berkurang. Cobalah untuk mengonsumsi jenis buah itu bersama dengan susu.

Baca Juga: 10 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan: meredakan asam lambung sampai diabetes

Cengkih

Salah satu jenis rempah yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat asam lambung adalah cengkih. Anda hanya perlu mengisap satu cengkih. Dengan begitu, perut kembung, mual, gangguan pencernaan, atau efek asam lambung yang lain bisa berkurang.

Jahe

Selain cengkih, jahe juga bisa Anda konsumsi untuk mengatasi asam lambung. Tak hanya mengurangi asam lambung, kandungan dalam jahe pun efektif mengatasi berbagai macam masalah kesehatan sistem pencernaan yang sedang Anda alami.

Anda hanya perlu mengunyah jahe mentah untuk mendapat manfaat tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi air rebusan jahe. Tambahkan sedikit madu supaya air rebusan jahe terasa lebih lezat untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Merasa kepala pusing saat asam lambung naik? Ini penjelasannya

Pepaya

Pepaya termasuk salah satu obat asam lambung alami.

Melansir Pharmeasy, pepaya mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Papain dalam pepaya mampu menurunkan produksi asam lambung sehingga rasa tidak nyaman di sekitar perut Anda bisa berkurang.

Air Hangat

Selain bahan-bahan alami yang telah disebutkan, obat asam lambung juga bisa berasal dari segelas air hangat. Cobalah untuk mengonsumsi segelas air hangat di pagi hari saat perut masih kosong atau di malam hari sebelum tidur. Dengan begitu, efek asam lambung yang meningkat akan berkurang.

Selanjutnya: Ini cara mengatasi panas dalam saat asam lambung naik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×