kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Minuman yang bagus untuk kesehatan dan mencegah penyakit jantung


Jumat, 09 April 2021 / 08:20 WIB
5 Minuman yang bagus untuk kesehatan dan mencegah penyakit jantung
ILUSTRASI. 5 Minuman yang bagus untuk kesehatan dan mencegah penyakit jantung


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penyakit jantung tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga bisa terjadi pada anak-anak. Selain menjalankan pola hidup sehat, minum minuman tertentu juga bisa menyehatkan jantung dan mencegah risiko penyakit jantung.

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran sangat vital. Jantung terus bekerja untuk mengalirkan darah kaya nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Faktanya, rata-rata jantung orang dewasa bisa berdetak 60 hingga 80 kali per menit saat istirahat, menjaga setiap sel di tubuh terus diberi makan.

Jika fungsi jantung ini terganggu, Anda bisa dihadapkan pada masalah kesehatan yang serius. Jantung membuat Anda tetap hidup, sehingga melindungi kesehatannya harus menjadi prioritas utama.

Untungnya, mengikuti diet kaya nutrisi yang menyehatkan jantung bisa secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi kardiovaskular yang optimal. Berikut ini adalah beberapa minuman yang baik untuk kesehatan jantung dan mencegah dari penyakit jantung:

1. Teh matcha

Minuman pertama yang bagus untuk kesehatan dan mencegah penyakit jantung adalah teh matcha. Melansir Health Line, matcha adalah jenis teh hijau yang mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) tingkat tinggi.

EGCG sendiri adalah senyawa polifenol dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat. Dengan begitu, mengonsumsi teh matcha yang kaya EGCG dianggap dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology pada 2018 menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan zat lemak di dinding arteri, dan dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel.

Inilah sebabnya mengapa asupan teh hijau telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke dalam banyak penelitian.

Baca juga: Cara mudah menurunkan kolesterol jahat secara alami




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×