kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat daun alpukat untuk kesehatan: meredakan nyeri lambung sampai asam urat


Senin, 05 April 2021 / 14:51 WIB
5 Manfaat daun alpukat untuk kesehatan: meredakan nyeri lambung sampai asam urat
ILUSTRASI. Buah dan daun alpukat


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun alpukat cukup pouler dalam dunia pengobatan alami di tanah air. ini manfaat daun alpukat untuk kesehatan bisa mengobati nyeri lambung sampai meredakan asam urat. 

Daun alpukat menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan daun alpukat banyak digunakan dalam dunia pengobatan herbal. 

Baca Juga: Seledri efektif meredakan asam urat, begini cara konsumsinya

Mengutip dari buku berjudul Daun-daun dan Buah-buahan Penumpas Penyakit karya Lia Ernawati, daun alpukat mengandung saponin, alkaloida, flavonoid, polifenol, quersetin, dan gula alkohit persiit. 

Melansir dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya karya H. Arief Hariana, daun alpukat bersifat diuretik alias peluruh kencing, antibakteri, dan karminatif alias peluruh kentut. 

Mengandung banyak senyawa aktif membuat daun alpukat banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. 

Manfaat daun alpukat untuk kesehatan

Untuk Anda yang tidak familiar, daun alpukat merupakan daun tunggal yang berbentuk memanjang dengan ujung dan pangkal runcing. Daun alpukat berwarna hijau dan memiliki citarasa pahit. 

Meski pahit, daun alpukat dipercaya efektif menumpas sejumlah penyakit. 

Berikut manfaat daun alpukat sebagai obat herbal. 

1. tekanan darah tinggi 

Daun alpukat dipercaya efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, daun alpukat mengandung flavonoid yang memiliki efek hipotensi alias darah rendah. 

Untuk merasakan manfaat ini, Anda hanya perlu menyeduh tiga sampai lima lembar daun alpukat dengan air panas. Anda minum air seduhan daun alpukat selagi hangat satu kali sehari. 

2. Kencing batu 

Anda penderita kencing batu? Bila enggan mengonsumsi obat kimia, Anda bisa minum air seduhan daun alpukat. 

Daun alpukat memiliki sifat diuretik alias peluruh kencing. Cara membuat air seduhan alpukat untuk obat kencing batu cukup mudah. 

Anda cuci tujuh lembar daun alpukat kemudian seduh dengan 1/2 gelas air panas. Anda minum air tersebut selagi hangat dua kali sehari sampai kristal penyumbat kencing keluar. 

3. Nyeri lambung 

Daun alpukat memiliki efek antiulserogenik untuk meredakan maag. Untuk merasakan manfaatnya, Anda seduh tiga sampai enam lembar daun alpukat dengan satu gelas air panas. 

Setelah dingin, Anda minum air seduhan daun alpukat tersebut sehari sekali. 

4. Batu Ginjal 

Menurut buku berjudul Daun-Daun dan Buah-Buah Penumpas Penyakit karya Lia Ernawati, daun alpukat bermanfaat sebagai obat herbal batu ginjal. 

Daun alpukat mengandung saponin, alkaloida, flavonoida, polifenol, dan quersetin. Selain itu daun alpukat bersifat diuretik alias peluruh kencing, dan antibakteri. 

Membuat obat herbal batu ginjal dengan bahan daun alpukat cukup mudah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara berikut ini. 

Bahan 

  • Daun alpukat segar 7 lembar 
  • Air 110 ml 

Cara membuat 

Anda cuci daun alpukat sampai bersih lalu rebus sampai mendidih dan menyisahkan air 100 ml. Anda minum air rebusan daun alpukat dua kali sehari.

5. Asam urat

Mengutip dari buku berjudul Daun-daun dan Buah-buahan Penumpas Penyakit karya Lia Ernawati, daun alpukat mengandung saponin, alkaloida, flavonoid, polifenol, quersetin, dan gula alkohit persiit. 

Kandungan tersebutlah yang membuat daun alpukat bermanfaat meredakan asam urat. 

Melansir dari buku berjudul 1001 Resep Herbal, meracik obat herbal daun alpukat untuk meredakan asam urat cukup mudah. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. 

Anda cukup sediakan tujuh lembar daun alpukat segar dan air tiga gelas. Anda cuci dan rebus sampai mendidih sampai menyisahkan air sekitar satu gelas. 

Anda dinginkan, saring, lalu minum air rebusan daun alpukat dua kali sehari masing-masing setengah gelas. 

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun alpukat sebagai obat herbal. 

Baca Juga: 12 Obat herbal yang efektif meredakan asam urat

Selanjutnya: 7 Manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang belum banyak diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×