kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat bawang putih untuk kesehatan beserta efek sampingnya


Selasa, 15 September 2020 / 10:55 WIB
5 Manfaat bawang putih untuk kesehatan beserta efek sampingnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya menyedapkan masakan, manfaat bawang putih juga terasa pada kesehatan tubuh. Aroma menyengat yang dimiliki bawang putih berasal dari kandungan sulfur alami bernama allicin. Kandungan itu pula yang membuat bawang putih memiliki banyak manfaat.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat bawang putih yang pertama adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Mengutip dari Cleveland Clinic, bawang putih juga bermanfaat untuk membunuh sel kanker. Sebanyak 35% dari 41.000 wanita yang rutin mengonsumsi bawang putih beresiko lebih rendah mengalami kanker usus.

Berperan Sebagai Antiinflammatory

Penelitian menunjukkan bahwa minyak bawang putih bermanfaat sebagai antiinflammatory. Jadi, jika Anda mengalami masalah otot atau sendi, usapkan minyak bawang putih untuk mengatasi masalah tersebut.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Melansir dari Cleveland Clinic, sebuah penelitian mengindikasikan bahwa bawang putih berdampak baik bagi arteri dan tekanan darah. Sel darah merah mengubah sulfur dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfat yang bisa memperlebar pembuluh darah.

Baca Juga: Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui

Saat pembuluh darah lebih lebar, tekanan darah menjadi lebih mudah diatur. Manfaat bawang putih ini bisa Anda dapat dengan mengonsumsi 4 g bawang putih setiap hari.
Memperbaiki Kondisi Kulit dan Rambut

Antioksidan dan antibakteri dalam bawang putih bisa menghilangkan jerawat akibat bakteri sehingga kulit menjadi lebih bersih. Cleveland Clinic mengatakan bahwa Anda bisa mengusapkan bawang putih langsung ke jerawat. Namun, harap hati-hati karena hal itu bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit.

Menyembuhkan Kutu Air

Melawan jamur adalah manfaat bawang putih lainnya yang bisa Anda dapat. Jika Anda memiliki kutu air, Anda bisa merendam kaki dalam air bawang putih. Selain itu, gosokkan bawang putih mentah langsung di area kulit yang gatal karena jamur.

Baca Juga: Bawang putih ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, begini cara konsumsinya

Efek Samping

Meski Anda bisa mendapat banyak sekali manfaat bawang putih, tapi jangan berlebihan dalam menggunakannya. Cleveland Clinic menyebutkan, terlalu banyak bawang putih bisa menimbulkan sakit perut, kembung, diare, dan bau badan.

Untuk menghindari aroma bawang putih yang menempel, gunakan sarung tangan saat mengolah bahan alami itu. Di beberapa kasus yang jarang terjadi, suplemen bawang putih dapat menyebabkan pusing, kelelahan, kehilangan nafsu makan, hingga reaksi alergi.

Selanjutnya: Bawang putih bisa ditanam di pot, begini caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×