kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Gejala diabetes ini tidak boleh Anda abaikan, apa saja?


Rabu, 14 April 2021 / 11:23 WIB
5 Gejala diabetes ini tidak boleh Anda abaikan, apa saja?
ILUSTRASI. Gejala diabetes perlu Anda perhatikan supaya kondisi kesehatan Anda bisa tetap terkontrol. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan saat menderita suatu penyakit adalah mendeteksi gejalanya. Hal yang sama juga berlaku pada penyakit diabetes. Ada banyak gejala diabetes yang bisa terjadi dan tidak semua orang mengalami gejala yang sama.

Gula darah dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Sayangnya, gangguan produksi insulin menyebabkan gula darah mengendap dalam tubuh dan tidak bisa diubah menjadi energi. Hal itulah yang menyebabkan munculnya berbagai macam masalah kesehatan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, jangan ragu untuk segera konsultasi dengan dokter, ya. Menunda jadwal konsultasi justru bisa memperparah kondisi Anda sendiri. Nantinya, dokter akan memberikan perawatan yang sesuai dengan gejala dan kondisi Anda.

Rasa Lapar Meningkat

Mengutip dari Health Shots (healthshots.com), rasa lapar dapat meningkat saat Anda menderita penyakit diabetes. Gangguan produksi insulin mengakibatkan gula darah tak dapat diserap sel secara maksimal. Padahal, sel membutuhkan gula darah untuk menghasilkan energi.

Kebutuhan sel yang tidak terpenuhi membuat tubuh Anda merasa lapar terus-menerus. Selain itu, umumnya Anda menjadi merasa mudah lelah dan tidak berenergi. Jika Anda mengalami gejala ini dalam jangka waktu yang lama, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 11 Manfaat jahe untuk kesehatan: turunkan kadar gula darah dan kolesterol

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Tidak hanya rasa lapar, keinginan untuk buang air kecil pun dapat meningkat karena penyakit diabetes. Pada kondisi tubuh yang normal, gula darah akan diserap lagi saat berada di ginjal. Sayangnya, jumlah gula darah yang terlalu banyak tak mampu diserap ginjal secara maksimal.

Mulut Kering

Gejala diabetes berikutnya adalah mulut kering. Hal itu masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Anda menjadi lebih mudah haus dan mulut menjadi kering. Akibatnya, Anda mungkin akan kesulitan untuk menelan makanan atau minuman.

Baca Juga: 10 Bahan alami yang bermanfaat mengobati diabetes melitus

Pandangan Mengabur

Pandangan mengabur jadi salah stau gejala diabetes yang bisa Anda alami.

Pandangan yang mengabur jadi gejala diabetes lainnya yang tidak boleh Anda abaikan. Kurangnya cairan dalam tubuh berpengaruh pada kondisi mata Anda sehingga pandangan yang mengabur pun Anda alami. Hal itu dapat mengakibatkan Anda sulit berkonsentrasi dalam melakukan kegiatan.

Luka Sembuh Lebih Lambat

Health Shots mengatakan bahwa diabetes biasanya ditandai dengan luka yang sembuh lebih lama daripada biasanya. Jumlah gula darah dalam tubuh yang tidak terkontrol mengganggu aliran darah dan sistem saraf. Akibatnya, tubuh menjadi kesulitan untuk menyembuhkan luka.

Selanjutnya: 11 Gejala gula darah rendah yang tidak boleh diabaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×