kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,98   5,63   0.61%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Faktor ini bisa jadi penyebab sering buang air kecil


Senin, 03 Mei 2021 / 15:04 WIB
5 Faktor ini bisa jadi penyebab sering buang air kecil
ILUSTRASI. Hamil termasuk salah satu penyebab sering buang air kecil.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak penyebab sering buang air kecil yang bisa Anda alami. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami hal itu karena bisa jadi tanda penyakit tertentu.

Apalagi, jika ada gejala lain yang Anda rasakan. Mulai dari ingin buang air kecil saat tidur di malam hari, sakit perut, demam, muntah, nafsu makan turun, hingga air kencing yang berwarna gelap.

Jika terlambat ditangani, hal itu bisa memperburuk kondisi kesehatan tubuh Anda. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan kondisi Anda.

Biasanya, dokter akan melihat faktor apa yang menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat. Misalnya, hamil, diabetes, dan masalah kesehatan yang lain.

Hamil

Melansir dari Emedicine Health, perubahan hormon saat hamil dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil. Tidak hanya itu, pertumbuhan janin dalam kandungan memberikan banyak tekanan pada kandung kemih sehingga kondisi itu terjadi.

Baca Juga: Cek, inilah ​15 tanda-tanda hamil yang sering tidak disadari

Stroke

Stroke jadi penyebab sering buang air kecil selanjutnya yang bisa Anda alami. Saat stroke, risiko beberapa bagian sistem saraf terganggu semakin meningkat. Hal itulah yang membuat frekuensi buang air kecil bertambah.

Minuman yang Anda konsumsi

Selain beberapa penyakit serius, sering buang air kecil juga bisa disebabkan oleh minuman apa yang Anda konsumsi.

Menurut Emedicine Health, kafein, alkohol, dan minuman dengan pemanis buatan memiliki sifat diuretik. Hal itulah yang membuat frekuensi buang air kecil bertambah.

Selain itu, buah-buah dengan rasa yang asam, seperti jerok atau lemon, juga bisa menyebabkan masalah yang sama. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi konsumsi jenis minuman dan makanan tersebut.

Baca Juga: Catat! Ini 7 penyebab keputihan pada perempuan

Diabetes

Sering buang air kecil jadi salah satu tanda awal kemunculan penyait diabetes. Tubuh berusaha untuk mengeluarkan gula darah berlebih dalam tubuh bersama dengan air kencing.

Bukan cuma itu, diabetes juga bisa mengganggu sistem saraf sehingga keinginanan buang air kecil meningkat.

Stres

Stres termasuk salah satu penyebab sering buang air kecil.

Sadarkah Anda bahwa stres bisa jadi penyebab sering buang air kecil? Biasanya, faktor pemicu itu lebih sering dialami oleh wanita. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa laki-laki juga bisa mengalami hal yang sama.

Selanjutnya: Awas! 10 Tanda peringatan diabetes yang perlu diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×