kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara menurunkan kolesterol tanpa obat


Selasa, 01 September 2020 / 11:13 WIB
5 Cara menurunkan kolesterol tanpa obat
ILUSTRASI. Olahraga jadi salah satu cara menurunkan kolesterol tanpa obat. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol tinggi membuat Anda lebih beresiko terkena penyakit jantung. Namun, faktor tersebut masih bisa Anda kontrol. Cara menurunkan kolesterol tanpa obat bisa Anda lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Anda tetap memerlukan obat jika jumlah kolesterol dalam tubuh terlampau tinggi. Namun, cara menurunkan kolesterol tanpa obat bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Web MD merekomendasikan beberapa cara yang bisa Anda coba.

Kurangi Lemak Jenuh

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat pertama yang bisa Anda coba adalah dengan mengurangi asupan lemak jenuh. Lemak jenuh bisa meningkatkan LDL dan menurunkan HDl sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung.

Baca Juga: Mampu menurunkan kolesterol, daun bawang bisa ditanam di pot, begini caranya

Ada beberapa jenis makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Mulai dari gorengan, kue, pizza, dan lain sebagainya.

Atur Berat Badan

Berat badan berlebih beresiko membuat jumlah kolesterol meningkat. Mengutip dari Web MD, berat badan yang turun sekitar 4.5 kg bisa mengurangi LDL sekitar 8%.
Namun, cara menurunkan berat badan Anda harus sesuai dengan pengawasan dokter, ya. Jangan sampai melakukan diet ekstrem yang membahayakan kesehatan.

Olahraga

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat selanjutnya adalah rutin melakukan olahraga. Web MD menyarankan agar Anda olahraga minimal 2.5 jam tiap minggu untuk meningkatkan HDL. Jika Anda belum terbiasa berolahraga, mulailah dari aktivitas ringan. Pilihlah olahraga yang Anda senangi dan cari teman agar Anda lebih termotivasi.

Perbanyak Serat

Memperbanyak makanan berserat juga bisa jadi cara menurunkan kolesterol tanpa obat. Oatmeal, apel, dan kacang-kacangan adalah beberapa jenis makanan yang kaya serat. Makanan tersebut mampu menyerap kolesterol lebih banyak sehingga penumpukan kolesterol pada dindin arteri bisa dihindari.

Baca Juga: 3 Makanan penurun kolesterol, cocok untuk menghindari penyakit jantung

Penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi 5 – 10 g serat tiap hari memiliki jumlah LDL yang menurun. Mengonsumsi makanan berserat juga membuat Anda merasa lebih kenyang. Cara menurunkan kolesterol ini efektif agar Anda tak mengonsumsi makanan ringan lainnya.

Bersantai

Sadarkah Anda bahwa stres bisa meningkatkan kolesterol? Cara menurunkan kolesterol tanpa obat lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan bersantai. Anda perlu mengatur stres agar kondisi tubuh tetap terjaga.

Anda bisa melakukan hobi dan hal menyenangkan lainnya. Selain mengerjakan hal yang Anda sukai, bermeditasi juga bisa jadi alternatif pengelolaan stres yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×