kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara menjaga kesehatan ginjal yang wajib dicoba


Jumat, 23 Oktober 2020 / 10:30 WIB
5 Cara menjaga kesehatan ginjal yang wajib dicoba
ILUSTRASI. Rutin olahraga jadi salah satu cara menjaga kesehatan ginjal. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ginjal merupakan salah satu organ penting yang ada dalam tubuh manusia. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk menyaring zat sisa yang nantinya dikeluarkan melalui urin. Maka dari itu, cara menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk Anda lakukan.

Olahraga Secara Rutin

Tak hanya efektif menurunkan berat badan, rajin olahraga juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Healthline (healthline.com) mengatakan, olahraga secara rutin juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Hal tersebut berperan penting terhadap kinerja ginjal. Anda tak perlu melakukan olahraga berat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai, seperti bersepeda, menari, atau jogging. Lalu, lakukanlah secara rutin.

Banyak Minum Air Putih

Cara menjaga kesehatan ginjal selanjutnya yang perlu Anda coba adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Dengan banyak minum air putih, fungsi ginjal untuk menyaring zat sisa dan mengeluarkannya melalui urin akan tertolong.

Baca Juga: Anda merasa sakit perut bagian bawah? Ini penyebabnya

Air akan membantu ginjal mengeluarkan zat beracun dan sodium berlebih sehingga resiko mengalami penyakit ginjal kronis akan berkurang. Kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda, tergantung dari aktivitas dan kondisi kesehatan. Namun, tak ada salahnya untuk berusaha minum 1.5 L air putih tiap hari.

Berhenti Merokok

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah berhenti merokok.

Mengutip dari Healthline, kebiasaan merokok akan mengganggu pembuluh darah di mana alirannya ke seluruh tubuh, termasuk ginjal, bisa tersendat. Merokok juga bisa meningkatkan resiko kanker. Jadi, lebih baik segera berhenti dari kebiasaan itu.

Jika Anda kesulitan untuk berhenti melakukannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan beberapa cara tepat yang membantu Anda terlepas dari kebiasaan merokok.

Perhatikan Jumlah Gula Darah

Saat sel tubuh tak mampu menggunakan gula dalam darah, ginjal akan bekerja lebih ekstra untuk menyaring darah. Hal itu menyebabkan penderita diabetes lebih rentan mengalami sakit ginjal. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengontrol jumlah gula darah agar kondisi Anda tak semakin parah.

Baca Juga: Catat, inilah 5 gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai

Hindari Obesitas

Cara menjaga kesehatan ginjal lainnya adalah dengan menghindari berat badan berlebih atau obesitas. Selain tak baik untuk kesehatan ginjal, obesitas juga meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes.

Healthline menyarankan agar Anda mengonsumsi jenis makanan yang mengandung sedikit sodium. Misalnya, kembang kol, ikan, produk dari gandum utuh (whole grain), blueberry, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: 4 Makanan penyebab sakit ginjal yang perlu dihindari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×