kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Bahan alami untuk mengobati sakit mata pada bayi


Kamis, 29 Oktober 2020 / 13:54 WIB
5 Bahan alami untuk mengobati sakit mata pada bayi
ILUSTRASI. Sakit mata pada bayi bisa diobati dengan bahan alami./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/08/2011.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami sakit mata. Sakit mata pada bayi bisa terjadi karena infeksi bakteri. Infeksi tersebut memang tidak parah, tapi jika tak segera ditangani, kondisinya bisa memburuk. Anda bisa mengobati mata bayi yang sakit dengan bahan-bahan alami.

Firstcry.com (parenting.firstcry.com) mengatakan bahwa ada beberapa tanda atau gejala yang muncul ketika mata bayi sakit. Pertama, kelopak mata bayi akan membengkak. Kedua, infeksi virus menyebabkan bagian putih mata memerah.

Ketiga, mata bayi juga akan berair. Biasanya, mata bayi akan terasa gatal dan kering. Selain itu, mata bayi juga akan mengeluarkan kotoran berawarna kuning. Anda perlu menggunakan bahan-bahan alami berikut untuk meredakan gejala yang muncul.

Air Garam

Cara mengatasi sakit mata pada bayi bisa Anda coba menggunakan larutan garam. Bahan alami ini memiliki banyak kandungan yang berperan sebagai antibiotik. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Baca Juga: 4 Cara menjaga kesehatan mata agar penglihatan terjaga

Pertama, larutkan sesendok garam ke beberapa gelas air hangat. Setelah itu, gunakan larutan yang sudah jadi untuk membersihkan kotoran yang dikeluarkan mata bayi. Anda bisa menggunakan kapas yang telah dicelupkan dalam larutan garam untuk membersihkan mata bayi.

Air Susu Ibu

Firstcry.com mengatakan bahwa air susu ibu atau ASI juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati mata bayi yang sakit. ASI berguna untuk meredakan iritasi yang terjadi akibat infeksi mata.

Anda hanya perlu mengusapkan kapas yang telah dicelupkan dalam ASI pada mata bayi. Meski demikian, Anda tetap harus berkonsultasi pada dokter agar infeksi yang dialami bayi tak semakin parah.

Kantung Teh

Sakit mata pada bayi juga bisa diobati dengan teh, lo. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan antimikroba dan antioksidan. Caranya, rendam kantung teh pada air hangat selama beberapa saat lalu diamkan hingga sedikit dingin. Setelah itu, letakkan kantung teh pada mata bayi.

Baca Juga: 5 Penyebab sakit mata yang perlu diwaspadai

Minyak Kamomil

Bahan alami lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi sakit mata pada bayi adalah minyak kamomil yang mengandung banyak antiinflamasi. Namun, minyak kamomil cuckup berbahay jika digunakan secara langsung pada kulit bayi.

Anda bisa menggunakan minyak kamomil dengan memasukkannya dalam humidifier. Letakkan humidifier di ruangan yang digunakan bayi. Uap yang berasal dari humidifier akan meredakan iritasi yang disebabkan oleh infeksi.

Selanjutnya: 5 Penyebab mata berdarah yang perlu diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×