kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Rekomendasi obat demam yang berasal dari bahan alami


Kamis, 22 April 2021 / 08:52 WIB
4 Rekomendasi obat demam yang berasal dari bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demam adalah kondisi di mana suhu tubuh meningkat akibat infeksi. Umumnya, seseorang dikatakan demam jika suhu tubuh lebih dari 99 derajat Fahrenheit. Supaya kondisi tubuh tak memburuk, Anda perlu mengonsumsi obat demam.

Biasanya, demam dibarengi dengan gejala yang lain. Misalnya, sakit kepala, nyeri otot, nafsu makan berkurang, dehidrasi, dan lain sebagainya. Nah, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Nutrisi yang ada dalam bahan alami tidak hanya menurunkan suhu tubuh, tapi bisa mengatasi gejala-gejala yang lain. Namun, jika beberapa bahan alami ini tidak mampu menurunkan suhu tubuh Anda, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Jahe

Salah satu bahan alami yang efektif mengatasi demam adalah jahe. Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), jahe mengandung antivirus dan antibakteri yang mampu melawan infeksi. Tak hanya itu, jahe juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Anda perlu merebus 1.5 sdt jahe yang sudah diparut dalam satu gelas air terlebih dahulu. Setelah mendidih, diamkan beberapa saat lalu campur dengan sedikit madu. Minum air rebusan itu sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari.

Baca Juga: Waspada! Inilah 5 gejala batu ginjal yang bisa terjadi

Cuka Apel

Cuka apel bisa Anda manfaatkan sebagai obat demam, lo. Zat asam alami yang terkandung dalam cuka apel mampu menurunkan panas dan membersihkan zat racun yang menumpuk dalam tubuh. Anda hanya perlu minum segelas air yang dicampur 2 sdt cuka apel dan 1 sdm madu minimal dua kali sehari.

Daun Ketumbar

Selain bahan-bahan di atas, daun ketumbar juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat demam. Caranya, campur segenggam daun ketumbar dengan 1/3 gelas air menggunakan blender. Selanjutnya, saring dan minum 2 sdt air tersebut sebanyak tiga kali dalam satu hari.

Baca Juga: 5 Manfaat daun singkong sebagai obat herbal untuk diare sampai demam

Bawang Putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat demam adalah bawang putih.

NDTV Food merekomendasikan bawang putih untuk mengatasi demam yang sedang Anda alami. Bahan alami tersebut mengandung antibakteri dan antijamur sehingga efektif melawan berbagai macam infeksi pada tubuh Anda.

Mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan produksi keringat. Dengan begitu, demam bisa turun dengan lebih cepat. Pertama, tumbuk satu siung bawang putih lalu masukkan ke segelas air hangat. Diamkan dulu beberapa saat lalu saring lalu minum air tersebut dua kali sehari.

Selanjutnya: Bisa Anda konsumsi, berikut 4 pilihan obat kolesterol alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×