kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Pilihan obat kolesterol alami yang bisa Anda konsumsi


Jumat, 09 April 2021 / 14:20 WIB
4 Pilihan obat kolesterol alami yang bisa Anda konsumsi
ILUSTRASI. Bawang putih termasuk salah satu obat kolesterol alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Tubuh membutuhkan kolesterol supaya bisa berfungsi secara optimal. Namun, masalah justru muncul saat jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak. Supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga, ada beberapa obat kolesterol alami yang bisa Anda pilih.

Sebelum mengonsumsi bahan alami yang bisa menurunkan jumlah kolesterol, Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap jumlah kolesterol. Kolesterol dalam tubuh bisa meningkatkan karena faktor genetik, obesitas atau berat badan berlebih, dan usia.

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak trans dan lemak jenuh juga bisa meningkatkan jumlah kolesterol. Selain menghindari beberapa faktor tersebut, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis bahan alami berikut ini.

Bawang putih

Mengutip dari E Times, bawang putih mengandung senyawa yang bernama allicin. Senyawa itulah yang berfungsi untuk menurunkan jumlah kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Cukup kunyah beberapa siung bawang putih mentah di pagi dan malam hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol Anda akan menurun sehingga kondisi kesehatan bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Manfaat rambut jagung untuk kesehatan: menurunkan darah tinggi sampai asam urat

Ketumbar

Ketumbar termasuk salah satu obat kolesterol alami.

Jika Anda mencari obat kolesterol alami, tidak ada salahnya untuk mencoba ketumbar. Jenis rempah itu mengandung banyak nutrisi yang mampu mengontrol jumlah kolesterol. Mulai dari antioksidan, vitamin A, hingga vitamin C.

Anda perlu merebus 2 sdt ketumbar dalam air selama dua menit terlebih dahulu. Selanjutnya, saring dan minum air rebusan itu. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda perlu minum air rebusan itu secara rutin.

Baca Juga: 8 Manfaat daun pandan untuk kesehatan: menurunkan demam sampai mengontrol gula darah

Kunyit

E Times merekomendasikan kunyit untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Anda hanya perlu minum segelas air yang sudah dicampur dengan ½ sdt bubuk kunyit di pagi hari.

Nantinya, jumlah kolesterol akan berkurang sehingga risiko penyumbatan darah dan penyakit jantung bisa berkurang.

Cuka apel

Cuka apel termasuk salah satu obat kolesterol yang cukup efektif. Cobalah untuk mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sdm cuka apel setiap hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol akan turun dan menjadi lebih stabil.

Selanjutnya: 6 Manfaat buah belimbing: Menurunkan kolesterol sampai mencegah kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×