kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Masker jerawat alami yang mudah dibuat


Senin, 16 November 2020 / 12:17 WIB
4 Masker jerawat alami yang mudah dibuat
ILUSTRASI. Masker jerawat alami bisa terbuat dari berbagai macam bahan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah itu. Mulai dari menggunakan produk perawatan wajah yang dijual di pasaran hingga memakai masker jerawat alami berikut ini.

Kunyit

Mengutip dari Hello Glow (helloglow.com), kunyit mengandung antiseptik dan antibakteri alami yang cocok digunakan untuk pemilik tipe kulit yang mudah berjerawat. Selain kunyit dalam bentuk bubuk, bahan yang perlu Anda siapkan adalah cuka apel, madu, dan susu.

Pertama, campurkan ½ sdt bubuk kunyit dengan 1 sdm madu. Sebelum mengaplikasikan masker itu, usapkan cuka apel di seluruh area wajah. Setelah lima menit, gunakan masker lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit. Untu menghilangkan bekas kunyit di wajah, gunakan kapas yang sudah dibasahi susu.

Alpukat dan Lemon

Alpukat dan lemon efektif digunakan untuk membersihkan bekas jerawat. Alpukat berfungsi untuk menstimulasi produksi kolagen dan meredakan inflamasi. Sedangkan lemon berguna untuk mencerahkan bekas jerawat.

Baca Juga: 3 Masker wajah alami untuk kulit kusam yang mudah dibuat

Fungsi-fungsi tersebut bisa dimaksimalkan dengan madu yang berperan sebagai antibakteri. Caranya, hancurkan alpukat hingga lembut lalu campur dengan 1 sdm madu dan air perasan setengah lemon. Gunakan campuran itu pada bekas jerawat, diamkan selama lima hingga 10 menit lalu bilas dengan air.

Madu dan Baking Soda

Masker jerawat alami lainnya yang direkomendasikan Hello Glow adalah terbuat dari madu dan baking soda. Baking soda bekerja sebagai antiinflamasi. Sedangkan madu berguna untuk menyejukkan kulit. Kemampuan itu bisa dilengkapi dengan air lemon untuk mengangkat sel kulit mati.

Pertama, campurkan 1 sdt air lemon, 1 sdt baking soda, dan 1 sdm madu dalam sebuah wadah. Aduk bahan-bahan itu hingga rata lalu aplikasikan pada wajah secara lembut. Hindari menggosok masker tersebut karena bisa merusak kondisi wajah Anda.

Setelah didiamkan selama 15 menit, bersihkan masker dari wajah dengan air hangat terlebih dahulu. Selanjutnya, bilas lagi dengan air dingin agar hasil yang Anda dapatkan bisa maksimal.

Baca Juga: 4 Manfaat putih telur untuk wajah terbaik yang bisa Anda dapat

Bawang Putih dan Susu

Bawang putih dan susu bisa jadi salah satu bahan masker jerawat alami.

Selain menyedapkan makanan, bawang putih juga cocok digunakan sebagai masker jerawat alami, lo. Anda bisa mengkombinasikannya dengan susu dan jojoba oil. Bawang putih akan mencegah penyumbatan pori-pori dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Anda perlu menumbuk satu butir bawang putih hingga hancur. Selanjutnya, campurkan 1 sdt jojoba oil dan 2 sdm susu. Anda bisa mengganti susu dengan madu atau gel lidah buaya. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan diamkan selama lima hingga 10 menit. Gosok sisa masker terlebih dahulu sebelum membilasnya dengan air.

Selanjutnya: 4 Masker alami untuk kulit berminyak yang mudah dibuat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×