kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat madu untuk wajah, bisa menghilangkan jerawat


Senin, 05 Oktober 2020 / 12:38 WIB
4 Manfaat madu untuk wajah, bisa menghilangkan jerawat


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Selain enak dikonsumsi, madu juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Manfaat madu untuk wajah semakin maksimal jika dikombinasikan dengan bahan alami lainnya.

Kandungan antioksidan, antibakteri, dan nutrisi lainnya dalam matu mampu membuat kondisi kulit tetap terjaga. Berikut manfaat madu untuk kesehatan kulit wajah:

Melembabkan kulit

Manfaat madu untuk wajah yang pertama adalah mampu melembabkan kulit. Enzim yang terkandung dalam madu mampu masuk ke kulit sehingga bisa melembabkan dan melembutkan kulit secara lebih maksimal.

Melansir dari Dabur Honey, cara menggunakan madu untuk melembabkan kulit. Aplikasikan madu pada wajah yang telah dibersihkan. Setelah itu, diamkan madu pada wajah selama 15 hingga 20 menit sampai benar-benar meresap lalu bilas menggunakan air dingin.

Baca Juga: ​Manfaat madu untuk wajah dan kulit serta cara menggunakannya

Membersihkan pori-pori

Kotoran yang menyumbat pori-pori bisa menyebabkan masalah kulit yang lebih serius, seperti komedo, jerawat, dan lain sebagainya. Anda bisa membersihkan pori-pori menggunakan madu karena bahan alami ini mengandung antioksidan, antibakteri, dan antiseptik.

Selain membersihkan pori-pori, madu juga membuat kulit terasa lebih kencang. Anda bisa menggunakan madu sebagai pembersih pori-pori dengan mencampurnya bersama minyak kelapa.

Aduk sesendok madu dan dua sendok minyak kelapa hingga rata. Gunakan campuran itu pada wajah dengan memijatnya secara memutar dan perlahan. Setelah itu, bersihkan campuran madu dan minyak dengan air dingin.

Menyamarkan bekas jerawat

Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Apakah Anda memiliki bekas jerawat yang susah hilang? Jika iya, Anda bisa mencoba menyamarkannya dengan rutin menggunakan madu.

Madu mengandung antiinflamasi yang membuat luka sembuh lebih cepat dan bekasnya menjadi lebih mudah hilang. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu hampir sama dengan cara yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan pori-pori wajah.

Campurkan satu sendok madu dan satu sendok minyak kelapa. Oleskan campuran itu pada area bekas jerawat dengan cara memijat selama satu hingga dua menit.

Setelah itu, letakkan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat hingga handuk kembali dingin. Anda bisa mengulangi cara ini setiap hari hingga bekas jerawat hilang.

Baca Juga: Begini cara konsumsi madu yang baik untuk kesehatan

Mengobati jerawat

Selain bekasnya, Anda juga bisa mengobati jerawat menggunakan madu. Minyak berlebih dan kotoran yang menyebabkan jerawat bisa dibersihkan menggunakan madu.

Caranya, oleskan madu pada jerawat lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air.

Selanjutnya: Manfaat konsumsi madu untuk kesehatan tubuh, penggemar madu wajib tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×