kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,02   -1,62   -0.17%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Makanan penyebab sakit ginjal yang perlu dihindari


Kamis, 22 Oktober 2020 / 12:35 WIB
4 Makanan penyebab sakit ginjal yang perlu dihindari


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Salah satunya adalah membatasi atau menghindari makanan penyebab sakit ginjal. Dengan tidak mengonsumsi jenis makanan berikut terlalu banyak, resiko ginjal mengalami kerusakan akan menurun.

Soda

Mengutip dari National Kidney Foundation (kidney.org), soda tidak memiliki kandungan nutrisi apa pun. Jenis makanan ini hanya mengandung gula dan kalori sehingga menyebabkan berat badan Anda bertambah jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain menyebabkan sakit ginjal, soda juga mampu mengakibatkan kesehatan gigi bermasalah, osteoporosis, dan gangguan metabolisme. Meski ada pilihan soda rendah kalori, jenis makanan itu tetap mengandung pemanis buatan yang tak baik untuk tubuh.

Alih-alih mengonsumsi soda, sebaiknya Anda mengonsumsi air putih lebih banyak. Buatlah infused water dari bahan-bahan alami agar air putih memiliki rasa yang sesuai dengan kesukaan Anda.

Baca Juga: Inilah 7 makanan untuk penderita penyakit ginjal yang mudah didapatkan

Mentega

Selain soda, mentega juga jadi makanan penyebab sakit ginjal lainnya yang perlu diwaspadai. Jenis makanan ini mengandung banyak kalori, lemak trans, dan lemak jenuh. Anda bisa mengganti mentega dengan minyak zaitun atau jenis minyak lain yang lebih sehat.

Mayones

Mayones adalah salah satu makanan penyebab sakit ginjal yang perlu diwaspadai.

Mengutip dari National Kidney Foundation, satu sendok makan mayones mengandung 103 kalori yang tak baik untuk tubuh. Meski ada pilihan mayones rendah kalori dan bebas lemak, jenis mayones tersebut justru mengandung banyak sodium dan gula.

Anda bisa mengganti mayones dengan yogurt yunani (greek yoghurt). Jenis yogurt ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dan cocok dikombinasikan dengan salad atau jenis makanan lain yang ingin Anda konsumsi.

Baca Juga: Gejala gagal ginjal dan pengobatan yang bisa dilakukan

Makanan Beku

Makanan penyebab sakit ginjal lainnya yang perlu Anda hindari adalah jenis makanan beku. Selain mengganggu kesehatan ginjal, jenis makanan ini juga mampu mengakibatkan seseorang mengalami penyakit diabetes.

Makanan beku mengandung banyak gula, lemak, dan sodium. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan segar. Namun, jika hal itu tidak mungkin dilakukan dan Anda terpaksa harus mengonsumsi makanan beku, jangan lupa untuk membaca label makanan.

Carilah makanan beku yang mengandung sedikit atau tidak mengandung sodium sama sekali. Selain itu, konsumsi makanan beku yang tak memakai pemanis tambahan. Imbangi konsumsi makanan beku dengan makanan segar yang mudah didapat, misalnya buah.

Selanjutnya: Catat, inilah 5 gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×