kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Makanan penurun darah tinggi yang perlu dimakan setiap hari


Jumat, 04 September 2020 / 12:17 WIB
4 Makanan penurun darah tinggi yang perlu dimakan setiap hari
ILUSTRASI. Buah adalah salah satu makanan penurun darah tinggi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Tekanan darah tinggi adalah salah satu kondisi kesehatan yang perlu Anda waspadai karena bisa menyebabkan kematian. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Makanan penurun darah tinggi yang rajin Anda konsumsi dapat mencegah penyakit jantung. Bersumber dari Heart Foundation, berikut makanan penurun darah tinggi yang bisa Anda coba:

Sayuran

Makanan penurun darah tinggi pertama yang bisa Anda coba adalah sayuran. Menurut Heart Foundation, empat sampai lima porsi sayuran setiap hari dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Anda bisa memilih sayur mana yang Anda sukai.

Buah-buahan

Buah jadi makanan penurun darah tinggi lainnya yang dapat Anda coba. Seperti sayuran, buah juga banyak mengandung potasium, magnesium, dan serat.

Buah kaleng sama bermanfaatnya dengan buah segar. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayur dalam berbagai macam bentuk.

Baca Juga: Minum air rebusan alang-alang bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Whole grain

Whole grain atau makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh adalah makanan penurun darah tinggi lainnya yang dapat Anda konsumsi. Anda bisa mengonsumsi whole grain dalam bentuk roti atau sereal.

Heart Foundation menyebutkan, makan banyak whole grain dapat menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung sebanyak 30%. Anda bebas memilih jenis whole grain apa saja, tapi pastikan porsinya tidak berlebihan, ya.

Biji dan kacang

Biji dan kacang adalah makanan penurun darah tinggi yang enak dan penuh nutrisi. Kacang mengandung lemak tak jenuh, protein, vitamin, dan mineral.

Anda bisa melengkapi menu makan sehat Anda dengan biji dan kacang. Heart Foundation merekomendasikan, agar kacang dan biji dikonsumsi sebanyak 30 g setiap hari.

Rutin mengonsumsi kacang berhubungan dengan jumlah kolesterol yang semakin menurun. Berat badan Anda juga tak akan naik karena mengonsumsi makanan ini.

Selanjutnya: 3 Makanan penurun kolesterol, cocok untuk menghindari penyakit jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×