kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Fungsi vitamin E, bisa meningkatkan sistem imun tubuh


Selasa, 09 Februari 2021 / 11:27 WIB
4 Fungsi vitamin E, bisa meningkatkan sistem imun tubuh


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan bisa digunakan sebagai antioksidan. Ada banyak fungsi vitamin E yang bisa Anda rasakan. Mulai dari meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah berbagai macam penyakit, dan lain sebagainya.

Kemunculan tanda penuaan pun bisa dicegah menggunakan vitamin E. Hal itulah yang menyebabkan banyak produk kecantikan memakai jenis vitamin tersebut sebagai bahan dasar. Karena berperan sebagai antioksidan, vitamin E mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan munculnya tanda penuaan.

Selain karena radikal bebas, tanda penuaan pun muncul akibat paparan sinar matahari berlebih. Nah, vitamin E dapat melindungi kulit dari efek sinar matahari yang berbahaya. Tentu saja manfaat vitamin E tidak berhenti sampai di situ. Masih banyak kegunaan lain yang bisa Anda dapatkan.

Mengatasi Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah salah satu penyakit mata genetik yang dapat mengganggu penglihatan penderitanya. Mengutip dari Insider (insider.com), vitamin E yang dikombinasikan dengan nutrisi lain dapat menurunkan risiko kehilangan penglihatan karena degenerasi makula sebanyak 19%.

Baca Juga: Buah segar yang aman dikonsumsi penderita asam lambung

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Seperti yang telah disebutkan, salah satu fungsi vitamin E adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin E mampu menguatkan membran salah satu sel darah yang terlibat dalam daya tahan tubuh. Untuk menghindari kekurangan vitamin E, cobalah untuk mengonsumsi suplemen vitamin E.

Mengurangi Gejala PMS

Fungsi vitamin E selanjutnya berguna untuk wanita karena dapat mengurangi gejala PMS, seperti nyeri haid, depresi, dan kecemasan. Melansir Insider, 210 wanita yang mengonsumsi vitamin E selama dua hari sebelum jadwal menstruasi mengalami nyeri haid yang tidak terlalu parah.

Baca Juga: Sederet manfaat jeruk purut untuk kesehatan

Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Bersama dengan vitamin K, vitamin E bertugas untuk membantu pembuluh darah mengembang sehingga penggumpalan darah pun bisa dicegah. Penggumpalan darah yang tidak berfungsi secara normal dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Saat Anda terluka dan proses penggumpalan darah terganggu, darah dapat mengalir ke bagian tubuh yang lain. Hasilnya, Anda akan mengalami nyeri dada, batuk, hingga sesak napas. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar kebutuhan vitamin E tubuh Anda dapat terpenuhi dengan baik.

Selanjutnya: Cara menurunkan berat badan bisa dengan 5 makanan diet ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×