kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menurunkan kolesterol secara alami


Selasa, 08 September 2020 / 11:33 WIB
4 Cara menurunkan kolesterol secara alami
ILUSTRASI. Cara menurunkan kolesterol secara alami bisa dengan memperbanyak asupan buah dan sayur. KONTAN/Muradi/2017/11/02


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada dua jenis kolesterol yang bernama LDL dan HDL. LDL merupakan “kolesterol jahat” yang dapat mengganggu aliran darah. Cara menurunkan kolesterol secara alami perlu dilakukan untuk menghindari penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Di sisi lain, HDL atau “kolesterol baik” mampu melawan keberadaan LDL yang mengganggu. Cara menurunkan kolesterol secara alami bisa meningkatkan jumlah HDL dan menurunkan jumlah LDL. Misalnya, lebih banyak olahraga, menurunkan berat badan, serta berhenti merokok.

Health Partners menyebutkan, cara menurunkan kolesterol secara alami bukan berarti mengubah seluruh pola hidup sekaligus. Anda dapat menurunkan kolesterol dengan beberapa hal berikut secara bertahap.

Makanan Ringan

Mengonsumsi makanan ringan memang menyenangkan, tapi tak semua makanan ringan menyehatkan. Cara menurunkan kolesterol secara alami bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan ringan yang lebih sehat.

Baca Juga: Manfaat daun kelor untuk kesehatan, bisa menurunkan kolesterol

Anda perlu menghindari lemak jenuh yang biasanya terkandung dalam makanan ringan. Opsi lain yang bisa Anda pilih adalah sayur, buah, dan kacang. Jenis makanan tersebut mengandung banyak serat dan lemak sehat.

Kacang mentah mampu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Selain kacang, Anda juga bisa mengonsumsi stroberi, alpukat, apel, jeruk, anggur, brokoli, wortel, dan almon untuk makanan ringan.

Menu Vegetarian

Mencoba menu vegetarian bisa digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami. Menu vegetarian mengandung banyak serat dan lemak sehat. Jika diolah dengan tepat, rasa menu vegetarian tak kalah enak dari menu pada umumnya.

Health Partners lebih menekankan pada memulai kebiasaan sehat baru. Misalnya, tentukan jadwal mengonsumsi menu vegetarian tiap Selasa malam. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan itu terus berlanjut dan bisa berkembang ke kebiasaan sehat lainnya.

Baca Juga: 5 Cara menurunkan kolesterol tanpa obat

Olahraga

Selain dipakai sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami, olahraga juga dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Idealnya, Anda perlu olahraga selama 2.5 jam tiap minggu. Anda bisa melakukannya setiap hari atau membagi waktu itu dalam hari-hari tertentu.

Selain rutin olahraga, cara menurunkan kolesterol secara alami juga bisa dilakukan dengan meningkatkan aktivitas fisik lainnya. Anda bisa menggunakan tangga daripada lift, jalan kaki atau bersepeda daripada menggunakan kendaraan bermotor, atau kegiatan yang lain.

Konsultasikan Pada Dokter

Cara menurunkan kolesterol secara alami akan lebih maksimal jika mendapat dukungan dari orang terdekat. Anda bisa berkonsultasi pada dokter tentang pola hidup seperti apa yang bisa menurunkan kolesterol Anda.

Selanjutnya: 4 Cara mendapatkan kolesterol normal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×