kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengobati asam urat secara alami


Rabu, 26 Agustus 2020 / 12:58 WIB
4 Cara mengobati asam urat secara alami
ILUSTRASI. Mengobati asam urat secara alami bisa dengan mengonsumsi banyak air putih. Images via Reuters / Lee Smith Livepic EDITORIAL USE ONLY.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat adalah limbah hasil pencernaan makanan yang mengandung purin. Jika asam urat tak dikeluarkan, maka akan menumpuk dalam darah. Cara mengobati asam urat perlu Anda lakukan agar tak menyebabkan masalah.

Beberapa makanan dengan purin tinggi adalah bir, beberapa jenis bir, dan lain-lain. Penumpukan asam urat dalam darah disebabkan karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut atau ginjal yang tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, stres, obesitas, genetik, dan kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan penyakit asam urat. Melansir dari Healthline (healthline.com), ada beberapa cara mengobati asam urat secara alami yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: 3 Makanan penurun darah tinggi yang bisa Anda coba

Hindari Gula

Cara menobati asam urat yang pertama adalah menghindari atau membatasi konsumsi gula. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga berpotensi sebagai penyebab asam urat. Hal yang sama juga berlaku pada minuman manis lainnya.

Konsumsi Lebih Banyak Air

Salah satu cara mengobati asam urat adalah dengan memaksimalkan kinerja ginjal. Fungsi ginjal bisa lebih baik jika Anda mengonsumsi lebih banyak air. Asam urat bisa terbuang dengan lebih cepat dan mudah karena terdorong oleh air.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa minum lebih banyak air. Pertama, Anda bisa selalu membawa botol minum yang sudah terisi air. Pasang alarm sebagai pengingat agar Anda tidak lupa untuk minum air.

Hindari Alkohol

Selain gula dan minuman manis, cara mengobati asam urat juga bisa Anda lakukan dengan menghindari konsumsi alkohol.

Baca Juga: 3 Obat batuk alami, bahannya mudah ditemukan

Minum alkohol membuat tubuh menjadi lebih mudah dehidrasi sehingga meningkatkan jumlah asam urat. Ginjal harus mengeluarkan alkohol dalam darah terlebih dahulu sebelum mengeluarkan asam urat dan limbah lainnya dari dalam tubuh.

Kurangi Stres

Stres, kebiasaan tidur yang buruk, dan jarang olahraga menyebabkan inflamasi sehingga jumlah asam urat tinggi. Cara mengobati asam urat secara alami adalah dengan menghindari hal-hal tersebut.

Anda dapat mulai mencoba yoga agar stres berkurang. Jika Anda mengalami insomnia, segera konsultasikan pada dokter agar kondisi Anda tak menjadi parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×