kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan ketombe secara alami


Selasa, 13 Oktober 2020 / 12:25 WIB
4 Cara menghilangkan ketombe secara alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ketombe merupakan suatu masalah yang menyebabkan kulit kepala berminyak, mengelupas, dan gatal. Ada cara menghilangkan ketombe secara alami.

Memang, banyak produk perawatan yang dijual di pasaran. Tapi, cara menghilangkan ketombe secara alami juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut cara cara menghilangkan ketombe secara alami:

Tea tree oil

Selain digunakan untuk merawat kulit wajah, tea tree oil juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe.

Mengutip dari Medical News Today, tea tree oil mengandung terpinen-4 ol yang berfungsi sebagai antimikroba sehingga mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Namun, jangan mengaplikasikan tea tree oil langsung ke kulit kepala karena bisa menyebabkan iritasi. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes tea tree oil pada sampo saat mencuci rambut Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memilih sampo yang mengandung tea tree oil langsung.

Baca Juga: 3 Cara mudah mengatasi rambut rontok dan tips mencegahnya

Gel lidah buaya

Ada banyak sekali manfaat lidah buaya, salah satunya adalah mengatasi ketombe. Bahan alami ini mengandung asam amino dan antioksidan yang bisa mengurangi ketombe.

Anda bisa menggunakan lidah buaya langsung atau memakai gel yang banyak dijual di pasaran.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2019 menunjukkan, lidah buaya bisa meningkatkan kelembaban dan menyembuhkan luka. Selain itu, lidah buaya juga bisa meredakan inflamasi sehingga bisa mencegah gejala ketombe, misalnya, gatal.

Aspirin

Apakah Anda familiar dengan aspirin? Obat ini juga bisa mengatasi masalah ketombe yang sedang Anda alami, lo. Sebab, aspirin mengandung asam salisilat yang biasa ada dalam sampo anti-ketombe.

Medical News Today menyebutkan, asam salisilat berfungsi untuk menghilangkan ketombe, mencegah penumpukan minyak, dan mengurangi peradangan di kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe secara alami ini bisa Anda mulai dengan menumbuk satu atau dua aspirin terlebih dahulu.

Setelah menjadi bubuk, campurkan sedikit sampo yang biasa Anda gunakan. Selanjutnya, aplikasikan pada kulit kepala dan rambut lalu biarkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan.

Baca Juga: Kotembe membandel? Segera hilangkan dengan obat herbal ini

Minyak kelapa

Selain menghidrasi dan mengurangi iritasi, minyak kelapa juga bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya jamur di kulit kepala. Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung minyak kelapa atau memakai minyak kelapa di kulit kepala secara langsung.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi masker rambut dari bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×