kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengatasi mata bengkak dengan bahan yang mudah didapat


Selasa, 23 Februari 2021 / 12:08 WIB
4 Cara mengatasi mata bengkak dengan bahan yang mudah didapat
ILUSTRASI. Salah satu cara mengatasi mata bengkak adalah dengan memakai timun.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang menyebabkan mata bengkak. Mulai dari kurang tidur, alergi, atau faktor yang lain. Meski tidak berbahaya, kondisi tersebut dapat mengganggu penampilan Anda. Maka dari itu, cobalah beberapa cara mengatasi mata bengkak yang mudah dilakukan.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan banyak orang adalah memakai kompres dingin. Selain mengurangi pembengkakan, Tree Hugger (treehugger.com) mengatakan bahwa kompres dingin juga dapat meremajakan kulit di sekitar mata.

Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat lebih muda. Tidak hanya memakai kompres dingin, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Misalnya, memanfaatkan teh kamomil, timun, atau bahan alami lainnya.

Teh Kamomil

Apakah Anda sering minum teh kamomil? Jika iya, jangan langsung buang kantung teh yang sudah Anda gunakan. Bahan alami tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi mata bengkak karena mengandung antiinflamasi dan antimikroba.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, seduh kantung teh kamomil lalu diamkan dulu hingga suhunya tak terlalu panas. Setelah itu, letakkan kantung teh di atas mata yang tertutup. Namun, Anda perlu berhati-hati karena sebagian orang bisa alergi terhadap teh kamomil.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan mata panda dengan bahan alami

Timun

Cara mengatasi mata bengkak selanjutnya bisa Anda lakukan dengan timun. Timun mengandung antioksidan sehingga cocok mengurangi pembengkakan, apalagi jika mata Anda juga mengalami iritasi.

Caranya, kupas kulit timun lalu iris timun menjadi beberapa bagian. Setelah itu, masukkan timun ke kulkas sampai dingin kemudian letakkan di atas mata selama empat hingga lima menit. Ulangi cara tersebut beberapa kali sampai mata bengkak hilang.

Kentang

Kentang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi mata bengkak.

Selain timun, mata bengkak bisa diatasi dengan memanfaatkan kentang. Tak berhenti sampai di situ, menggunakan kentang secara rutin dapat menyamarkan lingkar hitam di bawah mata. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, kupas dan iris kentang. Setelah itu, masukkan dalam kulkas hingga kentang menjadi dingin. Selanjutnya, letakkan kentang dingin di atas mata yang tertutup selama minimal 15 hingga 20 menit. Sama seperti timun, Anda bisa mengulangi cara tersebut beberapa kali hingga mata bengkak hilang.

Baca Juga: 8 Manfaat mentimun untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin

Terapkan Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi mata bengkak selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Tree Hugger merekomendasikan Anda untuk minum banyak air putih, menghindari makanan asin dan alkohol, berhenti merokok, dan rutin melakukan olahraga.

Tidak hanya menghilangkan mata bengkak, menerapkan pola hidup sehat juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika mata bengkak masih ada dan mengganggu Anda, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×