kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara melebatkan rambut bayi terbaik yang bisa dicoba


Senin, 26 Oktober 2020 / 08:48 WIB
4 Cara melebatkan rambut bayi terbaik yang bisa dicoba
ILUSTRASI. Memberikan makanan bergizi jadi salah satu cara melebatkan rambut bayi. KONTAN/Muradi/2017/10/26


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap bayi lahir dengan ketebalan rambut yang berbeda-beda. Hal itu disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah faktor genetik. Meski bayi Anda lahir dengan sedikit rambut, cara melebatkan rambut bayi berikut ini bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Minyak Kelapa

Melansir dari Healthline (healthline.com), minyak kelapa kaya akan vitamin E di mana antioksidan banyak ditemukan. Hal itu dapat menstimulus aliran darah menuju kulit kepala sehingga rambut menjadi tumbuh lebih banyak. Saat dikombinasikan dengan mineral oil, minyak kelapa bisa mengurangi rambut rontok.

Agar rambut bayi tumbuh lebat dan berkilau, aplikasikan minyak kelapa di kulit kepalanya selama 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak beberapa kali dalam seminggu.

Sisir Rambut

Cara melebatkan rambut bayi juga bisa Anda lakukan dengan menyisirnya secara rutin. Sama seperti minyak kelapa, aktivitas ini akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, ketombe dan kulit kering juga bisa hilang.

Baca Juga: 6 Cara mengatasi rambut kering agar lebih mudah diatur

Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi, seperti wortel, bisa jadi cara melebatkan rambut bayi.

Cara melebatkan rambut bayi juga perlu dilakukan dari dalam tubuh. Saat bayi Anda sudah bisa mengonsumsi makanan padat, Anda bisa memberikan makanan-makanan yang kaya akan zat besi, vitamin A, zinc, Vitamin B, protein, dan vitamin D.

Sumber makanan yang kaya akan zat besi membantu darah membawa lebih banyak oksigen ke folikel rambut sehingga menstimulus pertumbuhan rambut. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan tersebut adalah labu, wortel, mangga, kentang, dan telur.

Untuk bayi yang belum bisa mengonsumsi makanan berat, kebutuhan nutrisi agar rambut tumbuh lebat bisa didapat dari ibunya. Maka dari itu, Anda juga perlu berusaha untuk mengonsumsi makanan-makanan bergizi.

Baca Juga: Apa dan bagaimana perawatan rambut bayi? berikut penjelasannya

Sampo dan Kondisoner

Kotoran yang menumpuk di kulit kepala bayi menyebabkan rambut sulit tumbuh. Maka dari itu, menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut adalah hal penting yang perlu dilakukan. Healthline merekomendasikan agar rambut bayi dicuci dengan sampo bayi setiap dua atau tiga hari sekali.

Setelah mencuci rambut bayi dengan sampo dan air hangat, Anda bisa menggunakan kondisioner. Tujuannya agar minyak alami rambut bayi tetap terjaga sehingga rambut menjadi lebih kuat. Untuk mengeringkan rambut, usahakan untuk memakai handuk berbahan lembut agar tak merusak kulit kepala.

Selanjutnya: Kepala bayi peyang? Bisakah dicegah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×