kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Bahan alami ini bisa jadi cara mengatasi mata bengkak


Kamis, 01 April 2021 / 07:57 WIB
4 Bahan alami ini bisa jadi cara mengatasi mata bengkak
ILUSTRASI. Salah satu cara mengatasi mata bengkak adalah dengan memanfaatkan teh hijau. REUTERS/Shamil Zhumatov/Illustration


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab mata bengkak yang bisa Anda alami. Mulai dari reaksi alergi, kurang tidur, hingga stres. Meski tidak berbahaya, cara mengatasi mata bengkak tetap perlu Anda lakukan. Tujuannya supaya penampilan Anda tetap maksimal.

Kulit di sekitar mata lebih tipis daripada kulit di bagian tubuh yang lain. Hal itulah yang membuat pembengkakan menjadi lebih mudah terlihat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara menghilangkan bengkak di mata yang tersedia.

Alih-alih menggunakan produk perawatan kulit yang dijual di pasaran, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Tak hanya mengurangi pembengkakan, kandungan dalam bahan alami juga mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit wajah.

Teh Hijau

Teh hijau termasuk salah satu cara mengobati mata bengkak yang sudah dicoba oleh banyak orang. Mengutip dari Canyon Ranch (canyonranch.com), teh hijau mengandung antiinflamasi dan kafein yang mempersempit aliran darah sehingga pembengkakan pun berkurang.

Tidak berhenti sampai di situ, terdapat antioksidan dan astringen alami dalam teh hijau. Teh hijau berperan untuk melawan radikal bebas penyebab masalah kulit. Sedangkan astringen alami bisa memperkecil ukuran pori-pori sehingga kondisi kulit menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami

Kentang dan Minyak Kelapa

Cara mengatasi mata bengkak selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan kentang. Antiinflamasi yang terdapat dalam kentang tak hanya mengatasi pembengkakan, tapi juga mampu menyamarkan mata panda atau lingkar hitam di bawah mata.

Anda perlu mengiris kentang menjadi beberapa bagian terlebih dahulu. Selanjutnya, tutup tiap mata dengan satu iris kentang. Setelah 10 menit, ganti kentang dengan irisan kentang yang baru. Ulangi terus cara tersebut sampai mata tak lagi bengkak.

Timun

Mentimun bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi mata bengkak.

Selain kentang, cara menghilangkan mata bengkak yang sama juga bisa Anda lakukan dengan memakai timun. Kandungan dalam timun mampu mempersemput aliran darah sehingga mata bengkak hilang. Tak hanya itu, timun juga memiliki banyak vitamin C sehingga kondisi kulit bisa terjaga.

Putih Telur

Cara mengatasi mata bengkak selanjutnya yang direkomendasikan Canyon Ranch adalah dengan memanfaatkan putih telur. Bahan alami itu memiliki segudang manfaat. Mulai dari menghilangkan mata bengkak, berperan sebagai astringen alami, dan mampu mengencangkan kulit.

Cara yang perlu Anda lakukan tidak sulit. Pertama, kocok putih telur yang sudah Anda simpan dalam kulkas. Selanjutnya, aplikasikan putih telur itu di bagian bawah mata Anda selama minimal 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami

Selain memanfaatkan bahan-bahan alami di atas, cara menyembuhkan mata bengkak juga bisa Anda lakukan dengan menghindari dehidrasi. Usahakan untuk minum banyak air putih, apalagi jika Anda melakukan banyak aktivitas fisik.

Jangan lupa pula untuk mendapat waktu tidur yang berkualitas dan kelola stres dengan baik. Ada banyak aktivitas relaksasi yang bisa Anda lakukan sehingga stres berkurang. Jika memang diperlukan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat saran yang tepat sesuai kondisi Anda.

Selanjutnya: Cara menghilangkan mata panda bisa pakai 5 bahan alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×