kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Alasan mengapa teh hijau untuk diet perlu Anda konsumsi


Rabu, 09 Desember 2020 / 11:38 WIB
4 Alasan mengapa teh hijau untuk diet perlu Anda konsumsi
ILUSTRASI. Selain membakar lemak, teh hijau untuk diet juga berguna untuk menurunkan risiko penyakit lainnya. REUTERS/Shamil Zhumatov/Illustration


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi teh hijau untuk diet. Jenis bahan alami itu mengandung banyak antioksidan dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan berat badan.

Membakar Lemak

Saat mengonsumsi teh hijau, ada banyak lemak dalam tubuh Anda yang bisa terbakar. Hal tersebut disebabkan karena kandungan kafein dalam teh hijau. Mengutip dari Healthline (helathline.com), segelas teh hijau mengandung 24 hingga 40 mg kafein.

Selain mengandung kafein, Anda juga bisa mendapatkan katekin yang berperan sebagai antioksidan dan epigallocatechin gallate atau EGCG yang berguna untuk meningkat metabolisme. Jadi, usahakan untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin, ya.

Kandungan-kandungan itu juga bisa membakar lemak lebih banyak saat Anda olahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang minum ekstrak teh hijau sebelum olahraga mampu membakar lemak 17% lebih banyak.

Baca Juga: 3 Manfaat teh hijau, bisa turunkan berat badan dan cerahkan kulit wajah

Meningkatkan Metabolisme

Tubuh Anda selalu membakar kalori, meski Anda sedang tak melakukan banyak kegiatan. Pembakaran kalori tersebut bisa terjadi dengan lebih maksimal jika Anda mengonsumsi teh hijau untuk diet. Mengutip dari Healthline, teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dalam jangka waktu yang lama.

Sebuah penelitian yang melibatkan 60 penderita obesitas membuktikan hal itu. Setelah tiga bulan mengonsumsi teh hijau, berat badan turun sebanyak 3.3 kg dan kalori berkurang sebanyak 183 kalori per hari.

Menurunkan Risiko Penyakit Lain

Keberadaan lemak perut berhubungan dengan peradangan dan resistensi insulin. Dua hal itu mampu menyebabkan berbagai jenis penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi teh hijau untuk diet, tak hanya berat badan Anda yang turun, tapi risiko penyakit tersebut juga berkurang.

Baca Juga: Ini makanan yang bisa menurunkan berat badan Anda

Menurunkan Nafsu Makan

Mengonsumsi teh hijau bisa membuat nafsu makan turun. Artinya, asupan kalori pun berkurang sehingga berpengaruh pada berat badan Anda. Sebuah penelitian yang melibatkan hewan percobaan menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau mampu mengurangi penyerapan lemak dari makanan.

Meski demikian, penelitian lain yang dilakukan pada manusia untuk membuktikan hal itu masih perlu dilakukan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara efektif, imbangi konsumsi teh hijau dengan rajin olahraga dan menerapkan pola hidup sehat lainnya.

Selanjutnya: Ini jenis diet yang terbukti efektif menurunkan berat badan Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×