kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Penyebab gusi bengkak yang perlu diketahui


Rabu, 26 Agustus 2020 / 14:16 WIB
3 Penyebab gusi bengkak yang perlu diketahui
ILUSTRASI. Kebersihan mulut yang tak terjaga bisa jadi penyebab gusi bengkak.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beberapa hal yang jadi penyebab gusi bengkak. Tentu saja hal tersebut bisa diperparah dengan faktor lainnya. Jika tak ditangani segera, kondisi kesehatan Anda bisa memburuk.

Melansir dari Healthline, penyebab gusi bengkak diperparah karena kebiasaan merokok, diabetes, AIDS, stres, keturunan, dan gigi yang bermasalah. Perawatan medis yang menyebabkan mulut kering juga bisa jadi faktor resiko lainnya.

Mengetahui penyebab gusi bengkak dapat mempermudah Anda dalam mengobatinya. Beberapa penyebab gusi bengkak adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga, penyakit gusi, dan abses.

Baca Juga: Obat sariawan dan cara mencegahnya

Kebersihan Mulut

Sisa makan bisa tertinggal dalam mulut jika Anda tak menggosok gigi dengan benar. Sisa makanan bisa membusuk dan menyebabkan inflamasi. Seiring dengan berjalannya waktu, hal tersebut bisa jadi penyebab gusi bengkak.

Healthline (healthline.com) mengatakan, bebrapa tanda muncul saat kebersihan mulut tak terjaga. Beberapa di antaranya adalah gusi berwarna pucat atau terlalu merah, gusi berdarah saat menggosok gigi, gigi goyah, bau mulut tak sedap, dan rasa tidak enak dalam mulut.

Penyakit Gusi

Penyebab gusi bengkak lainnya juga bisa dikarenakan infeksi bakteri. Bakteri yang menyerang gusi menimbulkan inflamasi hingga penyakit periodontal.

Berdasarkan data dari Centers for Disease Control and Prevention atau CDC, sebanyak 47.2% orang Amerika di atas usia 30 tahun memiliki penyakit periodontal. Penyebab gusi bengkak ini ditandai dengan gusi berdarah, gigi sensitif, dan gusi goyah.

Baca Juga: 3 Cara menghilangkan jerawat batu dengan bahan alami

Abses

Abses atau radang yang menyebabkan munculnya rongga berisi nanah jadi penyebab gusi bengkak lainnya. Healthline menyebutkan bahwa abses terjadi akibat gigi berlubang yang tidak ditangani dengan benar.

Gigi berlubang menyebabkan infeksi bakteri mudah terjadi. Penyebab gusi bengkak ini ditandai dengan rasa sakit, demam, dan rahang yang membengkak.

Anda perlu membiasakan beberapa hal untuk menghilangkan penyebab gusi bengkak. Anda bisa mulai membiasakan diri untuk menggosok gigi tiap setelah makan dan sebelum tidur, menggunakan benang gigi minimal sekali dalam sehari, konsultasi pada dokter gigi dua kali dalam setahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×