kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Jus penurun darah tinggi ini wajib Anda coba


Senin, 09 November 2020 / 08:15 WIB
3 Jus penurun darah tinggi ini wajib Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usia dan riwayat kesehatan keluarga adalah beberapa faktor yang meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Jika pola hidup tak sehat Anda lakukan, kondisi kesehatan Anda bisa semakin parah. Salah satu cara untuk menghindari itu adalah dengan minum jus penurun darah tinggi berikut ini.

Buah Bit

Mengutip dari Fidelity (fidelityhh.com), buah bit cocok sebagai jus penurun darah tinggi karena mengandung banyak potasium. Selain itu, buah ini juga kaya akan folat yang bisa mengatur tekanan darah Anda.

Nitrat dalam buah bit juga bermanfaat untuk membuat otot rileks dan melancarkan aliran darah. Menurut sebuah penelitian, buah bit memiliki efektivitas yang sama dengan tablet nitrat untuk mengobati hipertensi.

Kandungan-kandungan tersebut mampu memperkuat pembuluh darah sehingga tubuh menjadi terhindar dari berbagai jenis penyakit. Anda bisa mengonsumsi jus buah bit sebanyak satu hingga dua gelas dalam sehari.

Baca Juga: Ini jus buah dan sayur yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Delima

Salah satu jus penurun darah tinggi adalah yang terbuat dari buah delima.

Jus penurun darah tinggi lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah terbuat dari delima. Jenis buah ini berperan sebagai penghambat ACE alami. ACE adalah salah satu jenis enzim yang mampu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Melansir dari Fidelity, jus delima mampu mengurangi ACE hingga 36% dan plak pada arteri sebanyak 30%. Selain itu, buah ini juga mampu meningkatkan aliran darah menuju jantung dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Supaya tekanan darah Anda tetap stabil, usahakan untuk mengonsumsi 6 ons jus delima setiap hari. Anda juga bisa mengonsumsi delima langsung dengan mencampurnya bersama air. Namun, pastikan untuk tidak memakai pemanis tambahan, ya.

Kranberi

Kranberi mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang berguna untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan. Artinya, tekanan darah bisa stabil saat pembuluh darah dalam kondisi yang sehat. Jus penurun darah tinggi ini juga mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh.

Baca Juga: 4 Buah penurun darah tinggi yang wajib dicoba

Minuman Lain

Selain mengonsumsi jus yang terbuat dari buah-buah di atas, darah tinggi juga bisa menurun atau tetap stabil saat Anda mengonsumsi jenis minuman lain. Misalnya, air putih, susu rendah lemak, dan teh hibiscus.

Teh hibiscus memiliki fungsi yang sama dengan delima, yaitu menjadi penghambat ACE alami. Sedangkan susu rendah lemak akan meningkatkan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan darah tinggi.

Selanjutnya: Berikut jus buah dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×