kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi


Jumat, 21 Agustus 2020 / 09:19 WIB
3 Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
ILUSTRASI. Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi perlu segera dilakukan agar kesehatannya tetap terjaga. /Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/08/2011.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hidung tersumbat terjadi karena adanya penumpukan lendir pada saluran pernapasan. Tubuh merespons benda asing, entah virus atau polusi udara, dengan hal tersebut. Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi perlu segera Anda lakukan agar bayi bisa merasa nyaman.

Hidung tersumbat menyebabkan bayi sulit makan dan suara napasnya menjadi lebih nyaring. Hidung tersumbat sebenarnya bukanlah masalah serius. Namun, cara mengatasi hidung tersumbat bayi tetap perlu dilakukan agar kondisinya menjadi parah.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada biya bisa Anda lakukan saat gejala mulai muncul. Healthline (healthline.com) menjelaskan beberapa gejala yang mungkin timbul, yaitu adanya lendir kental di hidung, bayi berdengkur, batuk, sulit makan, dan lain-lain.

Baca Juga: Begini cara meningkatkan daya tahan tubuh yang wajib Anda ketahui

Selain virus dan polusi udara, hidung tersumbat pada bayi juga bisa disebabkan karena alergi. Healthline pun tak lupa memberikan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa Anda coba.

Hindari Dehidrasi

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah memastikan bahwa bayi tidak mengalami dehidrasi. Anda harus mencukupi kebutuhan cairan dan kalori agar kondisi bayi tetap terjaga. Cara melihat apakah bayi sudah cukup terhidrasi dengan baik atau belum dengan melihat popoknya. 

Healthline menyebutkan bahwa popok perlu diganti karena berisi kotoran bayi selama 6 jam sekali. Jika dalam 6 jam popok bayi tidak penuh kotoran, Anda perlu curiga bahwa bayi dehidrasi. Apabila kondisinya tak membaik, segera periksakan bayi ke dokter.

Mandi Pakai Air Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi selanjutnya yang bisa Anda coba adalah memandikan bayi menggunakan air hangat. Bayi yang sudah bisa duduk akan menikmati waktu mandi sekaligus bermain air. Hal ini bisa membuat bayi lupa dengan rasa tidak nyaman yang sedang dialami.

Baca Juga: Punya penyakit asam lambung? Hindari jenis makanan ini

Gunakan Humidifier

Humidifier juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Menggunakan humidifier saat bayi tidur akan mengencerkan lendir yang menyumbat hidung.

Jika tidak memiliki humidifier, Anda bisa menyalakan keran air panas di kamar mandi dan duduk di sana bersama bayi. Anda bisa melakukannya selama beberapa menit dan berulang kali dalam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×