kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Cara mengatasi gigi berlubang yang perlu Anda tahu


Kamis, 20 Agustus 2020 / 10:03 WIB
3 Cara mengatasi gigi berlubang yang perlu Anda tahu


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang menyerang permukaan gigi. Biasanya, jenis bakteri yang membuat gigi berlubang adalah Streptococcus mtans. Anda perlu melakukan cara mengatasi gigi berlubang agar kesehatan Anda tidak bermasalah.

Bakteri tersebut menyerang gigi dengan menciptakan plak. Zat asam dalam plak menyerap mineral gigi. Jika terus dibiarkan, kerusakan akan menyerang lapisan denting sehingga menyebabkan lubab pada gigi.

Melansir dari Healthline (healthline.com), gigi berlubang disebabkan karena kurangnya vitamin D. Hal tersebut diungkapkan melalui penelitian pada 1930-an.

Gigi berlubang berkurang pada anak-anak yang diberi tambahan asupan vitamin D. Kekurangan vitamin D hanyalah salah satu faktor penyebab seseorang memiliki gigi berlubang. 

Ada faktor lain yang tidak bisa ditinggalkan, yaitu mulut kering atau kondisi medis tertentu di mana jumlah air liur berkurang, sering mengonsumsi makanan manis, heartburn, cara membersihkan gigi tidak benar, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 3 obat penghilang bekas jerawat ampuh yang bisa Anda buat di rumah

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Cara mengatasi gigi berlubang perlu Anda lakukan segera agar kondisi gigi tidak menjadi parah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut untuk memperkuat kondisi gigi yang mulai bermasalah.

  • Permen Karet

Cara mengatasi gigi berlubang bisa menggunakan permen karet. Namun, pastikan untuk mengunyah permen karet tanpa gula, ya. Healthline mengatakan bahwa mengunyah permen karet setelah makan dapat menjaga kondisi mineral gigi.

Xylitol dalam permen karet terbukti bisa menstimulus produksi air liur, meningkatkan pH pada plak, dan mengurangi bakteri. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk lebih membuktikan hal tersebut.

  • Vitamin D

Meningkatkan asupan vitamin D bisa jadi cara mengatasi gigi berlubang selanjutnya yang perlu Anda coba. Vitamin D berperan penting untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat dari makanan yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Selain B12, vitamin-vitamin ini juga penting untuk tubuh, lo

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan timbal balik antara makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium, seperti yogurt dan anak kecil yang memiliki gigi berlubang. Anda bisa mendapat asupan vitamin D dari produk makanan olahan susu dan sinar matahari.

  • Batasi Makanan Manis

Cara mengatasi gigi berlubang bisa Anda lakukan dengan membatasi konsumsi makanan manis. World Health Organisation atau WHO mengatakan bahwa makanan manis adalah faktor resiko utama yang menyebabkan gigi berlubang.

WHO merekomendasikan agar Anda mengonsumsi gula kurang dari 10% dari jumlah total kalori yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Gula dapat menyebabkan mineral di gigi hilang sehingga bisa jadi penyebab gigi berlubang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×