kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat madu untuk kesehatan yang sudah terbukti


Kamis, 15 April 2021 / 14:45 WIB
10 Manfaat madu untuk kesehatan yang sudah terbukti


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan. Selain sebagai pemanis, madu sudah digunakan oleh nenek moyang sebagai obat sejak ribuan tahun.

Madu adalah cairan gula yang dihasilan dari lebah yang berbentuk kental yang kaya nutrisi karena dikumpulkan lebah pekerja dari nektar bunga.

Rasa manis dari madu berasal dari fruktosa dan glukosa. Kedua merupakan pemanis alami yang mudah ditemui dalam makanan dan minuman.

10 Manfaat madu untuk kesehatan

Nah berikut ini 10 manfaat madu untuk kesehatan seperti dikutip dari Healtline:

1. Kaya nutrisi

Madu merupakan pemanis yang kaya nutrisi karena berasal dari nektar bunga. Lebah mengumpulkan nektar dari bunga-bunga yang tumbuh di sekitar sarangnya.

Mereka mengonsumsi, mencerna, dan beberapa kali memuntahkan nektar sehingga menghasilkan cairan madu yang berfungsi sebagai simpanan makanan lebah.

Dalam satu sendok makan madu atau 21 gram madu mengandung 64 kalori, 17 gula yang termasuk di dalamnya adalah glukosa, fruktosa, maltosa, dan sukrosa.

Baca Juga: Kombinasikan 3 bahan ini dengan masker lidah buaya Anda

2. Antioksidan

Khasiat madu adalah untuk sumber antioksidan. Madu berkualitas tinggi mengandung banyak antioksidan penting. Ini termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid.

Para ilmuwan percaya, kombinasi senyawa ini memberi madu kekuatan antioksidannya. Antioksidan dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

3. Pengganti gula bagi penderita diabetes

Meski sama-sama manis, madu berbeda dengan gula pasir atau pemanis lainnya. Dalam kadar tertentu, konsumsi madu tidak berefek pada kadar gula darah.

Namun meskipun lebih aman ketimbang gula, mengonsumsi madu juga perlu kehati-hatian terutama bagi penderita diabetes.

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat madu juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung, di mana madu dapat membantu menurunkannya.

Ini karena madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan tekanan darah rendah. Studi pada tikus dan manusia telah menunjukkan penurunan tekanan darah dari konsumsi madu secara rutin.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat radang tenggorokan dari bahan alami




TERBARU

[X]
×