kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO bocorkan akan ada vaksin Covid-19 model baru, tak perlu disuntik


Jumat, 22 Januari 2021 / 06:36 WIB
WHO bocorkan akan ada vaksin Covid-19 model baru, tak perlu disuntik
ILUSTRASI. WHO bocorkan akan ada vaksin Covid-19 model baru, tak perlu disuntik. REUTERS/Denis Balibouse


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jenewa. Vaksinasi Covid-19 sudah dilaksanakan di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi, Singapura, dan bahkan Indonesia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pengembangan vaksin Covid-19 terus dilakukan. Bahkan WHO menyebut akan ada vaksin Covid-19 dengan teknologi baru dan cukup 1 dosis saja.

Seperti diketahui saat ini sudah banyak vaksin Covid-19 yang digunakan, seperti buatan Sinovac, Pfizer, Moderna dll. Namun vaksin Covid-19 tersebut harus 2 dosis atau 2 kali penyuntikan.

Kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan membocorkan jenis-jenis vaksin Covid-19 baru yang masih dalam pengembangan. Calon-calon vaksin virus corona generasi baru ini memiliki sifat berbeda-beda dibandingkan yang beredar sekarang.

Dia mengatakan, ada vaksin corona dalam pengembangan yang hanya butuh satu suntikan, dihirup lewat hidung, dan mungkin lebih terjangkau. "Mungkin ada banyak vaksin Covid-19 yang memiliki keunggulan dibandingkan generasi pertama," kata Swaminathan dikutip dari AFP, Rabu (20/1/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 secara mandiri akan menjadi kenyataan

"Yang ingin kami lihat adalah pencegahan penyakit. Pencegahan infeksi adalah pertanyan lain. Tapi itu sekunder. Kami akan belajar tentang seberapa efektif vaksin ini sebenarnya mencegah penyebaran infeksi dari orang ke orang." tambahnya.

"Beberapa vaksin menghasilkan kekebalan yang mensterilkan; mereka menghentikan infeksi, mencegah penyakit. Beberapa vaksin tidak menghentikan infeksi tetapi mencegah penyakit."

"Saat ini, kami masih menunggu hasil penelitian untuk mengetahui vaksin Covid mana yang benar-benar akan berhasil mencegah infeksi." "Mudah-mudahan, seharusnya demikian," lanjut Swaminathan.

Menurut tinjauan umum WHO tentang calon vaksin Covid-19, ada 64 merek yang sedang diuji ke manusia, dan 22 di antaranya sudah mencapai pengujian massal tahap akhir.

Kemudian 173 calon vaksin virus corona lainnya sedang dikembangkan di laboratorium, untuk diuji coba pada manusia. Sejauh ini WHO baru memberikan persetujuan darurat untuk dua dosis vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech yang butuh suhu penyimpanan ultra-dingin. "Itu jadi masalah di banyak negara," kata Swaminathan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WHO Bocorkan Calon Vaksin Covid-19 Generasi Baru: Ada yang Lewat Hidung dan Cukup 1 Suntikan",


Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Selanjutnya: Zona merah corona di Jawa Tengah melonjak jadi 21, ini rinciannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×