kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspadai 6 gejala penyakit ginjal yang bisa Anda alami ini


Jumat, 05 Maret 2021 / 15:46 WIB
Waspadai 6 gejala penyakit ginjal yang bisa Anda alami ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak gejala penyakit ginjal yang bisa Anda alami. Meski demikian, tidak sedikit orang yang merasa bingung karena ciri penyakit ginjal mirip dengan gejala penyakit yang lain. Satu-satunya cara yang perlu Anda lakukan adalah memeriksakan diri ke dokter.

Nantinya, Anda perlu melalui berbagai jenis pemeriksaan, seperti tes darah atau tes urin. Hasil pemeriksaan itu digunakan dokter untuk menentukan obat ginjal apa yang sesuai dengan kondisi Anda.

Sakit ginjal juga bisa lebih mudah ditangani jika Anda mengatahui gejala apa yang benar-benar Anda rasakan. Hal itu akan membuat hasil pemeriksaan semakin akurat sehingga dokter bisa menangani penyakit Anda secara efektif.

Merasa Lelah dalam Jangka Waktu yang Lama

Lelah adalah salah satu hal yang umum dirasakan oleh banyak orang. Namun, kondisi itu bisa jadi gejala ginjal jika berlangsung dalam jangka waktu lama. Mengutip dari Life Options (lifeoptions.org), hal itu disebabkan karena ginjal tidak berfungsi optimal.

Salah satu fungsi ginjal adalah memproduksi enzim yang mengintruksikan distribusi oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, banyak bagian tubuh yang kekurangan oksigen sehingga Anda mengalami kelelahan.

Baca Juga: Catat! Ini gejala gula darah naik yang perlu Anda waspadai

Sesak Napas

Sehubungan dengan poin sebelumnya, distribusi oksigen yang terganggu dapat menyebabkan seseorang mengalami sesak napas. Tak hanya itu, gejala penyakit ginjal juga bisa disebabkan karena ginjal tak mampu menyaring cairan secara maksimal. Akhirnya, penumpukan cairan pun tak bisa Anda hindari.

Kulit Gatal

Ginjal adalah organ dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring zat racun dalam darah. Namun, saat fungsi itu tidak bisa berjalan dengan baik, ada banyak zat racun yang tertumpuk dalam tubuh. Hal itulah yang membuat munculnya ciri-ciri penyakit ginjal, yaitu kulit menjadi gatal.

Kaki dan Tangan Bengkak

Kaki dan tangan bengkak termasuk salah satu gejala penyakit ginjal.

Penumpukan cairan tidak hanya membuat Anda sesak napas, tapi juga bisa mengakibatkan kaki dan tangan bengkak. Life Options menyebutkan bahwa hal itu disebabkan karena ginjal kesulitan untuk menyaring dan mengeluarkan cairan dalam tubuh.

Baca Juga: Waspadai 7 penyakit yang mengintai usai banjir

Sakit Perut

Seiring jumlah zat racun yang terus menumpuk dalam darah, Anda pun dapat merasakan sakit perut yang semakin parah. Tidak hanya itu, Anda bisa lebih mudah merasakan mual dan muntah. Bahkan, nafsu makan Anda akan menurun sehingga berat badan Anda pun berkurang.

Sering Buang Air Kecil

Gejala penyakit ginjal yang tidak boleh Anda lupakan adalah sering buang air kecil. Kondisi urin yang Anda keluarkan pun berbeda, yaitu berbusa. Bahkan, tidak sedikit kasus di mana urin penderita penyakit ginjal bercampur dengan darah.

Selanjutnya: Inilah 4 hal yang bikin Anda sering buang air kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×