kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ternyata, menonton konser musik bisa bikin perasaan lebih bahagia


Rabu, 28 Maret 2018 / 15:19 WIB
Ternyata, menonton konser musik bisa bikin perasaan lebih bahagia
ILUSTRASI. KONSER EUROPE


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kalau kamu termasuk orang yang rutin nonton konser musik, kamu beruntung. Selain melepas dahaga menyaksikan idola di atas panggung, kegiatan ini jika dilakukan rutin juga berdampak bagi kesehatan.

Bahkan, menurut studi, seperti dikutip dari New York Post, efeknya lebih baik daripada melakukan yoga. Kesimpulan studi ini didapat setelah para peneliti melakukan tes psikometri terhadap para peserta.

Mereka dipasangi monitor detak jantung, kemudian diminta melakukan kegiatan secara terpisah. Ada yang menonton konser Paloma Faith, sesi yoga atau mengajak anjing jalan-jalan.

Tes psikometri dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan menemukan bahwa mereka yang menyaksikan konser Paloma Faith selama 20 menit memiliki tingkat "kesehatan" lebih tinggi daripada peserta lain.

Penelitian yang dilakukan oleh Patrick Fagan, ahli dalam ilmu perilaku dan dosen di Goldsmith's University di London, menunjukkan mood mereka yang menonton konser juga meningkat sebesar 21 %.

Sebaliknya, para peserta yang mengambil sesi yoga selama 20 menit, kesehatan mereka hanya meningkat sekitar 10 %. Sementara mereka yang mengajak anjing berjalan-jalan, kebahagiaan mereka hanya mengalami kenaikan tujuh persen.

“Penelitian ini menunjukkan konser sangat berdampak pada perasaan sehat, bahagia dan wellbeing, di mana perlu dilakukan rutin setiap dua minggu,” kata Fagan yang bekerja dengan O2 dalam penelitian ini.

Studi ini dilakukan terhadap 60 orang dengan tes psikometri, yang dirancang secara khusus untuk menilai tingkat kesejahteraan mental atau stres, kebahagiaan dan bagaimana sikap mereka terhadap orang lain. Penelitian juga menunjukkan orang  yang menyaksikan pertunjukan musik satu kali dalam dua minggu atau lebih lebih bahagia, puas dan produktif.

Sebuah jajak pendapat dari 2.000 orang dewasa yang dilakukan melalui OnePoll juga menemukan bahwa dua per tiga orang Inggris mengatakan menyaksikan konser musik membuat mereka merasa lebih bahagia daripada hanya mendengarkannya di rumah.

Dan artis yang paling mungkin untuk didengarkan ketika responden merasa bahagia adalah Ed Sheeran, diikuti oleh Phil Collins dan almarhum George Michael.

Empat dari 10 mengatakan bahwa mereka sangat menyukai atmosfer dari penonton konser musik dan hampir satu dari 10 menggambarkan pertunjukan sebagai “pengalaman spiritual.”

“Kita semua tahu betapa bagusnya menyaksikan band atau artis favorit konser, tetapi sekarang kita memiliki buktinya,” katanya. (Kahfi Dirga Cahya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menurut Studi, Nonton Konser Musik Tiap Dua Minggu Bikin Bahagia",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×