kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,81   3,17   0.34%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tangan sering gemetar, waspada gula rendah


Minggu, 26 Februari 2017 / 14:03 WIB
Tangan sering gemetar, waspada gula rendah


Sumber: TribunNews.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Terkadang, tangan kita gemetaran dan kita tak tahu apa alasannya. Tangan gemetaran biasa disebut tremor. Tremor adalah anggota badan yang bergetar atau menggigil dan terjadi secara tidak sadar.

Tremor juga bisa terjadi ketika kita sedang stres, dalam kondisi psikis penuh tekanan, atau sedang marah. Bisa juga, tremor muncul saat kesehatan kita terganggu.

Tremor juga seringkali terjadi pada kaki kita. Jangan khawatir, tremor tak selalu berarti kita sedang mengalami penyakit serius. Berikut alasan mengapa tangan kita terkadang gemetaran.

Obat-obatan
Kebanyakan, obat-obatan yang sering membuat tangan gemetaran adalah dopamine. Obat ini biasanya digunakan untuk menjaga mood kita stabil.
Lebih baik, hentikan konsumsi obat-obatan ini bila kita memang tak memerlukannya.

Kurang Vitamin B12
Bila asupan vitamin B12 di tubuh kita tak terpenuhi, sistem saraf kita tidak akan bisa bekerja seperti semestinya. Perbanyak asupan vitamin B12 yang banyak terkandung dalam daging, ikan, telur, dan susu. 

Gula Darah Rendah
Gula darah rendah atau hypoglycemia bisa membuat tangan gemetar. Hypoglycemia memicu respon tubuh kita melalui getaran di tangan atau kaki.

Kadar Thyroid Tinggi
Kelenjar thyroid terletak di area leher kita. Bila kerja thyroid tak normal, sistem tubuh kita pun terpicu untuk lebih cepat bekerja daripada biasanya dan akan membuat tidur kita tak nyenyak, detak jantung lebih cepat, dan tangan gemetaran.

Gangguan Saraf
Adanya masalah pada saraf seperti luka, trauma, cedera, atau penyakit lainnya, gejala yang paling sering muncul adalah tangan atau kaki yang gemetaran.
Biasanya gejala ini disebut peripheral neuropathy atau penyakit pada saraf perifer.

Meskipun tremor tak selalu berarti gejala penyakit serius, namun bila tangan atau kaki kita gemetar secara terus-terusan dan tak diketahui penyebabnya, lebih baik pergi konsultasi ke dokter, ya! (Dionysia Mayang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×