kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sudah mendapat vaksin Covid-19? Jangan lakukan hal ini


Rabu, 07 April 2021 / 14:16 WIB
Sudah mendapat vaksin Covid-19? Jangan lakukan hal ini
ILUSTRASI. Ada beberapa hal yang tidak boleh langsung Anda lakukan setelah mendapat vaksin Covid-19, salah satunya olahraga. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Seiring berjalannya waktu, ada semakin banyak orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19. Jika Anda salah satunya, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan.

Salah satunya adalah usahakan untuk tidak langsung olahraga dalam waktu dua hari setelah mendapat vaksin.

Melansir Best Life, tunggu sampai efek samping vaksin Covid-19 mereda sebelum Anda kembali melanjutkan rutinitas olahraga. Beberapa efek samping yang bisa Anda rasakan adalah sakit kepala, mual, demam, dan nyeri otot.

Umumnya, efek samping tersebut berlangsung selama dua hari setelah Anda divaksin. Tidak melakukan olahraga, apalagi olahraga berat, akan meringankan efek samping itu sehingga tubuh Anda tak terasa terlalu sakit.

Olahraga dapat memicu inflamasi dalam tubuh. Hal itulah yang bisa memperparah efek samping vaksin Covid-19 yang sedang Anda alami. Perlu diingat, aktivitas fisik yang terlalu berat tidak mengganggu efektivitas vaksin, hanya berpengaruh pada efek sampingnya.

Baca Juga: WHO yakinkan manfaat vaksin AstraZeneca lebih besar dari risikonya

Baca Juga: Ini waktu terbaik melakukan disinfektan untuk cegah virus corona

Selain olahraga, Anda juga perlu menghindari aktivitas fisik atau kegiatan lain yang membutuhkan konsentrasi. Best Life merekomendasikan Anda untuk mengistirahatkan tubuh supaya efek samping vaksin yang muncul bisa hilang dalam waktu singkat.

Meski sudah mendapat vaksin, bukan berarti Anda bebas melakukan semua hal seperti sebelum pandemi virus Corona terjadi. Anda tetap perlu menerapkan protokol kesehatan, apalagi jika bertemu dengan orang lain yang belum mendapat vaksin Covid-19.

Usahakan untuk selalu menjaga jarak, memakai masker dengan cara yang benar, dan mencuci tangan dengan sabun dan air. Jika dalam keadaan tertentu, Anda bisa memanfaatkan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan.

Selain menerapkan protokol kesehatan, jangan lupa untuk menjaga sistem imun tubuh. Konsumsi makanan-makanan bergizi. Setelah efek samping vaksin hilang, Anda bisa melanjutkan kebiasaan olahraga agar daya tahan tubuh bisa tetap kuat.

Selanjutnya: Hingga April 2021, Indonesia telah mencapai angka 12,7 juta vaksinasi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×