kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segudang manfaat bawang putih untuk kesehatan, mengandung vitamin C


Selasa, 02 Maret 2021 / 16:55 WIB
Segudang manfaat bawang putih untuk kesehatan, mengandung vitamin C


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jika Anda mencari bahan alami yang memiliki banyak khasiat, bawang putih adalah jawabannya. Manfaat bawang putih berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari vitamin C, mangan, antioksidan, dan lain sebagainya.

Mengutip dari Health Grades (healthgrades.com), mengonsumsi bawang putih dapat mengendurkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Artinya, bahan alami tersebut cocok dijadikan obat hipertensi alami.

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi bawang putih. Anda bisa mencampur bawang putih dengan makanan bergizi lain supaya kesehatan Anda secara keseluruhan bisa terjaga.

Memperkuat Tulang

Dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin, jumlah estrogen dalam tubuh akan meningkat. Hal itu berpengaruh terhadap kepadatan tulang pada wanita yang sudah mengalami menopause. Artinya, bawang putih dapat menurunkan risiko osteoporosis atau osteoartritis.

Cobalah untuk mengonsumsi bawang putih bersama sumber makanan lain yang bermanfaat untuk kondisi tulang Anda. Misalnya, produk olahan susu, sayuran hijau, kacang-kacangan, atau ikan.

Baca Juga: 5 Manfaat daun sirih untuk kesehatan, termasuk jadi obat asma

Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih adalah menurunkan kolesterol.

Tak hanya berguna sebagai obat hipertensi, bawang putih dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan cara mengurangi jumlah kolesterol. Manfaat bawang putih itu bisa Anda dapat jika mengonsumsinya secara rutin. Jadi, cobalah untuk memasukkannya ke dalam menu sehat Anda tiap hari.

Mengobati Flu

Health Grades mengatakan bahwa bawang putih dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Artinya, tingkat keparahan dan durasi flu yang Anda alami pun dapat berkurang. Sebuah penelitian menunjukkan risiko partisipan mengalami flu turun sebanyak 63% setelah mengonsumsi suplemen bawang putih secara rutin.

Baca Juga: 9 Manfaat jahe merah untuk kesehatan

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat bawang putih selanjutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah bahan alami itu mampu menjaga kesehatan kulit Anda. Kandungan antibakteri, antijamur, dan antioksidan mampu menangani berbagai macam masalah kulit yang Anda alami.

Jika Anda memiliki banyak jerawat, cobalah untuk menggosokkan bawang putih mentah ke area kulit yang berjerawat. Tujuannya agar bakteri penyebab jerawat bisa berkurang. Namun, Anda perlu berhati-hati jika ingin melakukannya, apalagi bagi pemilik tipe kulit sensitif.

Tidak berhenti sampai di situ, antioksidan dalam bawang putih bermanfaat untuk melawan serangan radikal bebas. Jadi, kemunculan tanda-tanda penuaan di kulit, seperti kerutan dan noda hitam, bisa berkurang.

Selanjutnya: Bawang bombai bermanfaat sebagai obat herbal untuk kolesterol tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×