kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,35   -2,16   -0.23%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut Hari Lupus Sedunia, Ini 10 Gejala Penyakit Lupus yang Perlu Dikenali


Kamis, 09 Mei 2024 / 09:22 WIB
Sambut Hari Lupus Sedunia, Ini 10 Gejala Penyakit Lupus yang Perlu Dikenali
ILUSTRASI. Gejala Penyakit Lupus yang Perlu Dikenali


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali tanda-tanda atau gejala lupus yang muncul pada tubuh. Gejala lupus bisa sangat bervariasi, mulai dari ringan hingga parah, dan seringkali sulit didiagnosis karena mirip dengan gejala penyakit lain.

Menyambut Hari Lupus Sedunia setiap 10 Mei, pentingnya kesadaran dan perhatian terhadap penyakit Lupus tentu perlu ditingkatkan.

Lupus adalah penyakit autoimun kompleks yang mempengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk kulit, sendi, organ dalam, dan sistem saraf.

Gejala yang umum meliputi kelelahan yang ekstrem, nyeri sendi, ruam kulit, dan sensitivitas terhadap sinar matahari.

Namun, karena lupus dapat mempengaruhi berbagai sistem tubuh, gejalanya juga dapat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya.

Baca Juga: Selain Leher Bengkak, Ini Tanda-Tanda Kelenjar Getah Bening Bengkak dan Penyebabnya

Apa saja jenis lupus?

Lupus

Melansir dari Lupus.org, sebenarnya ada empat jenis lupus yang berbeda:

  • Lupus Eritematosus Sistemik (LES): Ini adalah bentuk lupus yang paling umum. LES dapat mempengaruhi berbagai organ dan jaringan dalam tubuh, termasuk kulit, sendi, ginjal, jantung, dan sistem saraf. Gejalanya bisa bervariasi dari ringan hingga parah, dan dapat muncul dan menghilang secara sporadis.
  • Lupus Kulit: Lupus jenis ini terbatas hanya pada kulit dan tidak melibatkan organ-organ lain dalam tubuh. Gejala lupus kulit dapat berupa ruam merah, bersisik, atau borok yang muncul pada wajah, kulit kepala, atau bagian tubuh lainnya yang terpapar sinar matahari.
  • Lupus yang Disebabkan Obat: Ini adalah penyakit mirip lupus yang dipicu oleh penggunaan tertentu obat-obatan. Biasanya, gejalanya mirip dengan lupus sistemik, tetapi akan membaik setelah penghentian konsumsi obat yang memicu.
  • Lupus Neonatal: Ini adalah kondisi langka yang terjadi pada bayi yang lahir dari ibu yang menderita lupus. Biasanya, gejala lupus neonatal muncul dalam beberapa minggu atau bulan pertama kehidupan bayi dan dapat termasuk ruam, anemia, atau masalah jantung.

Baca Juga: Gagal Ginjal Kronis: Gejala, Penyebab, dan Perawatan Agar Tidak Memburuk

Tanda-tanda penyakit lupus

Untuk itu, Anda perlu memahami penjelasan untuk setiap poin gejala lupus yang umum berikut ini.

1. Kelelahan ekstrem

Merasa lelah secara terus-menerus adalah salah satu gejala yang paling umum pada lupus. Kelelahan ini bisa sangat parah dan tidak bisa diatasi dengan istirahat yang cukup.

2. Nyeri atau pembengkakan pada sendi

Lupus seringkali menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada sendi, yang dapat menyerupai arthritis. Gejala ini dapat mempengaruhi berbagai sendi tubuh.

3. Pembengkakan tangan, kaki, atau di sekitar mata

Pembengkakan bisa terjadi pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti tangan, kaki, atau di sekitar mata. Hal ini bisa disebabkan oleh peradangan atau retensi cairan.

4. Sakit kepala

Beberapa penderita lupus mengalami sakit kepala, yang bisa menjadi gejala dari peradangan atau reaksi terhadap penyakit.

5. Demam ringan

Demam ringan atau suhu tubuh yang sedikit meningkat juga dapat terjadi pada beberapa penderita lupus.

6. Sensitivitas cahaya

Lupus dapat membuat seseorang menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari atau cahaya neon, yang dapat menyebabkan reaksi kulit atau memperburuk gejala lupus.

7. Nyeri dada saat bernapas panjang

Beberapa penderita lupus mengalami nyeri dada saat bernapas dalam-dalam, yang bisa menjadi tanda adanya peradangan pada jantung atau paru-paru.

Selain itu, ada juga masalah kulit dan rambut yang sering terjadi pada penderita lupus:

8. Ruam kupu-kupu di pipi dan hidung

Munculnya ruam ini sering disebut sebagai "ruam kupu-kupu" karena bentuknya yang menyerupai sayap kupu-kupu dan muncul di pipi dan hidung.
Kehilangan rambut

Beberapa penderita lupus mengalami kehilangan rambut atau penipisan rambut, yang disebabkan oleh peradangan atau efek samping dari pengobatan.

9. Luka mulut atau hidung

Lupus juga dapat menyebabkan luka atau luka yang tidak sembuh di dalam mulut atau hidung.

10. Penyakit Raynaud

Gejala terakhir adalah kondisi jari dan kaki berubah menjadi putih atau biru dan terasa mati rasa saat seseorang kedinginan atau stres. Ini dsebut sebagai Penyakit Raynaud.

Penyakit Raynaud adalah kondisi di mana pembuluh darah menyempit saat dingin atau stres, menyebabkan perubahan warna pada jari dan kaki serta sensasi mati rasa atau kesemutan.

Penting untuk diingat bahwa setiap jenis lupus memiliki karakteristik dan gejala yang berbeda, dan pengobatan serta manajemennya mungkin juga berbeda tergantung pada jenis lupus yang diderita. 

Itulah penjelasan terkait kesadaran terkait gejala lupus yang bisa dideteksi lewat tanda-tanda fisik maupun perubahan kondisi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×