kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rutin lakukan hal ini bisa mencegah infeksi Virus Corona


Jumat, 16 April 2021 / 14:22 WIB
Rutin lakukan hal ini bisa mencegah infeksi Virus Corona
ILUSTRASI. Salah satu cara mencegah infeksi Virus Corona adalah dengan rajin olahraga. KONTAN/Baihaki/13/12/2020


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hal penting yang perlu Anda lakukan untuk terhindar dari infeksi Virus Corona adalah mendapat suntikan vaksin Covid-19. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Namun, ada satu hal penting lain yang bisa menghindarkan tubuh dari penyakit tersebut.

Hal penting yang dimaksud adalah rutin melakukan olahraga. Mengutip dari Eatthis.com, pasien Covid-19 yang tidak aktif berolahraga lebih banyak membutuhkan perawatan rumah sakit. Selain itu, pasien yang tidak berolahraga 2.5 kali lebih besar berisiko meninggal akibat infeksi Virus Corona.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine, partisipan penelitian yang tidak rajin olahraga menderita Covid-19 yang lebih parah daripada partisipan lain dengan faktor risiko tertentu. Misalnya, usia lebih dari 60 tahun, mengalami obesitas, memiliki kebiasaan merokok, dan lain sebagainya.

Melansir Eatthis.com, cobalah untuk olahraga, misalnya berjalan, selama 30 menit sebanyak lima kali dalam satu minggu. Jangan memaksakan diri. Anda bisa mulai membiasakan diri untuk berjalan lambat, lalu menambah kecepatan sedikit demi sedikit. Dengan begitu, tubuh Anda lebih terproteksi dari serangan Virus Corona.

Baca Juga: Fakta-fakta tentang vaksin Covid-19 AstraZeneca di Indonesia

Meski demikian, usahakan untuk tidak melakukan olahraga yang terlalu ekstrem. Apalagi mendekati jadwal Anda mendapat suntikan vaksin Covid-19. Melakukan olahraga ekstrem sebelum dan sesudah mendapat vaksin justru memperparah risiko efek samping vaksin yang bisa Anda alami.

Anda bisa mulai olahraga kembali setelah beberapa hari melewati waktu vaksin. Terlebih jika sudah tidak ada efek samping vaksin Covid-19 yang Anda rasakan. Misalnya, demam, nyeri otot, rasa sakit di sekitar bekas suntikan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ketahui! Gejala Covid-19 terbaru yang harus diwaspadai

Namun, jika efek samping vaksin Virus Corona tak kunjung hilang, segera hubungi dokter, ya. Jika terlambat ditangani, efek samping bisa menimbulkan bahaya yang lebih parah. Tentu saja kondisi kesehatan tubuh Anda menjadi terganggu.

Selanjutnya: Gejala Covid-19 terbaru: Perubahan warna pada jari tangan dan kaki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×