kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rambut rontok parah? Ini penyebab dan cara mencegahnya


Jumat, 12 Maret 2021 / 14:28 WIB
Rambut rontok parah? Ini penyebab dan cara mencegahnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut rontok parah, atau dalam istilah medis disebut dengan alopecia, bisa menyebabkan seseorang mengalami kebitakan. Meski berlangsung sementara, tidak sedikit kasus di mana kebotakan terjadi secara permanen.

Mengutip dari Mayo Clinic (mayoclinic.org), kebotakan lebih sering dialami oleh pria daripada wanita. Selain itu, masih banyak faktor lain yang meningkatkan risiko kebotakan. Misalnya, stres, riwayat kesehatan keluarga, dan lain-lain.

Anda tidak perlu khawatir karena kebotakan bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Mulai dari menggunakan make up, memakai topi, atau mengatur gaya rambut tertentu. Jika Anda ingin menggunakan obat rambut rontok, usahakan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Penyebab Rambut Rontok

Selain usia dan jenis kelamin, masih banyak faktor lain yang menyebabkan rambut rontok parah. Misalnya, perubahan hormon saat menstruasi, hamil, melahirkan, atau menopause dan konsumsi obat atau suplemen tertentu.

Baca Juga: Jangan asal diet, ini 5 tanda tubuh kekurangan gizi penting

Jika Anda mengalami rambut rontok, apalagi setelah mengonsumsi obat depresi, obat jantung, atau obat hipertensi, segera konsultasikan dengan dokter. Nantinya, dokter akan memeriksakan kondisi Anda atau mengganti obat yang biasa Anda minum dengan jenis obat lain.

Stres yang tidak terkelola dengan baik dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan, lo. Namun, kondisi itu terjadi hanya sementara. Jika stres yang Anda alami berkurang, rambut rontok pun ikut berkurang. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengelola stres, seperti yoga, meditasi, dan lain-lain.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa gaya rambut yang Anda gunakan bisa jadi penyebab rambut rontok parah. Misalnya, Anda terbiasa mengikat rambut dengan kuat. Hal itu dapat mengurangi kekutan rambut sehingga rambut menjadi rontok.

Baca Juga: Dari bahan alami, berikut 5 rekomendasi obat rambut rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok yang disebabkan karena keturunan memang tidak bisa dicegah. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan apa pun untuk mengurangi tingkat keparahannya. Perawatan rambut rontok yang pertama adalah dengan merawat rambut secara lembut.

Hindari menyisir rambut saat keadaannya masih basah. Selain itu, jangan terlalu sering memakai alat penata rambut bersuhu tinggi karena akan merusak kesehatan rambut. Tidak berhenti sampai di situ, lindungi rambut dari paparan sinar matahari berlebih.

Selain melakukan cara agar rambut tidak rontok tersebut, konsultasikan pada dokter apakah ada suplemen pengut rambut yang perlu Anda konsumsi. Menghentikan kebiasaan merokok juga bisa Anda coba supaya kesehatan rambut terjaga.

Selanjutnya: Ragam penumbuh rambut ini terbuat dari bahan alami, mau coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×