kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Papa muda pun bisa sukses asuh anak, ini triknya


Rabu, 25 Mei 2016 / 16:06 WIB
Papa muda pun bisa sukses asuh anak, ini triknya


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Menikah muda menjadi banyak pilihan banyak orang. Maka, banyak dari Mama dan Papa yang sudah memiliki anak sebelum usia 30 tahun. Menjadi pengalaman unik karena akan banyak ketakutan dan kebingungan ketika mengasuh anak.

Mama, khususnya Papa muda akan mendapatkan ketakutan membuat kesalahan dalam mengasuh anak. Tidak perlu khawatir! Ini trik mengasuh anak bagi Papa muda menurut Boldsky.com.

Tahukah Anda bahwa kesalahan dalam mengasuh anak tidak hanya dilakukan oleh Mama dan Papa muda. Kesalahan merupakan hal yang paling penting untuk mengetahui apakah cara yang Papa muda lakukan benar atau tidak. Sebelum menentukan apa yang akan Papa lakukan, sebaiknya lihat dulu apakah hal tersebut efektif atau tidak dengan melihat kesalahan yang lalu.

Papa muda perlu memelajari ilmu mengasuh anak dari buku atau aneka referensi lain. Namun, ingat bahwa setiap anak punya karakter yang berbeda sehingga perlu ada penyesuaian. Jangan samakan pula gaya mengasuh dari orangtua atau saudara yang lebih tua. Tidak masalah jika mendapatkan inspirasi namun ingatlah bahwa tantangan mengasuh anak di zaaman sekarang sudah berbeda.

Cobalah menjadi contoh yang baik terlebih dahulu. Papa jangan mendahulukan memerintah dan marah pada anak. Sebaiknya, coba melihat diri sendiri apakah yang dilakukan sudah pantas dilihat oleh anak. Anak akan mudah melakukan hal yang dilihat secara langsung dibanding perkataan yang ia dengar.

Ketika sudah mulai lelah dengan perilaku anak, cobalah untuk mengambil waktu sejenak. Sebagai laki-laki, Papa akan dengan mudah mendapatkan mood dan perasaan senang hanya dengan melakukan hobi atau kesenangan. Meski sesaat, hal itu akan membuat Papa jadi lebih segar dan bisa fokus dalam mengasuh anak.

Memanjakan anak menjadi hal yang perlu dihindari oleh Papa. Tidak hanya soal kepribadian anak ke depannya, memanjakan anak juga berhubungan dengan kebutuhan ekonomi.

Sebagai kepala keluarga, hal yang perlu Papa muda pikirkan adalah soal masa depan keluarga khususnya anak. Untuk itu, trik mengasuh anak bagi ayah muda juga berurusan dengan bagaimana menerapkan hidup yang efektif pada anak.

(Niken/Tabloid Nakita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×