kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obat nyeri sendi lutut tradisional bisa terbuat dari bahan alami ini


Sabtu, 30 Januari 2021 / 08:00 WIB
Obat nyeri sendi lutut tradisional bisa terbuat dari bahan alami ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Ada banyak pilihan obat nyeri sendi lutut tradisional yang bisa Anda pakai. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Jika nyeri sendi tak segera Anda atasi, tentu saja kondisi itu bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Untuk mengurangi rasa sakit dan lutut yang kaku, cobalah untuk memijatnya dengan essential oil. Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya menggunakan kompres.

Sebaiknya, hindari memakai kompres hangat pada nyeri sendi lutut yang dibarengi dengan inflamasi. Kompres hangat bisa dipakai pada sakit kronis, seperti artritis. Selain memakai essential oil dan kompres, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba.

Cuka Apel

E Times (timesofindia.indiatimes.com) mengatakan bahwa cuka apel bisa Anda manfaatkan sebagai obat nyeri sendi tradisional. Antiinflamasi dalam cuka apel berguna untuk mengurangi peradangan dan nyeri yang Anda rasakan.

Baca Juga: Asam urat dan kolesterol tinggi berkaitan erat, begini penjelasannya

Cuka apel juga berpengaruh pada pelumasan sendi sehingga Anda menjadi lebih mudah bergerak. Caranya, campur setengah gelas cuka apel dengan segelas air hangat. Minum campuran itu sebelum tidur setiap hari.

Jahe

Bahan alami lain yang berguna untuk mengurangi nyeri sendi lutut adalah jahe, baik jahe mentah, ekstrak jahe, atau minyak jahe. Hal itu disebabkan karena adanya antiinflamasi dalam jahe yang bernama gingerol. Cobalah untuk minum teh jahe dua kali sehari agar nyeri sendi lebih cepat hilang.

Kunyit

Obat nyeri sendi lutut tradisional selanjutnya bisa Anda dapat dengan memanfaatkan kunyit. Sama seperti jahe, kunyit pun memiliki antiinflamasi yang bernama curcumin. Rasa sakit bisa berkurang lebih banyak ketika Anda mengkombinasikannya dengan jahe.

Baca Juga: Catat! ini perbedaan rematik dan asam urat

Pertama, Anda perlu merebus jahe, kunyit, dan air selama 12 hingga 15 menit. Usahakan untuk minum air rebusan itu tiap hari agar nyeri sendi tak berkurang. Kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan pun bisa meningkat karena kebiasaan itu.

Garam Epsom

Mengutip dari E Times, nyeri sendi dapat diobati dengan memakai garam epsom. Jenis garam ini mengandung banyak magnesium dan sulfat yang mampu mengobati rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Cobalah untuk berendam selama 30 menit dalam air garam epsom supaya rasa sakit hilang.

Selanjutnya: Kenali penyebab nyeri sendi berdasarkan faktor usia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×