kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah Anda coba, berikut 4 cara menghilangkan jerawat secara alami


Kamis, 22 April 2021 / 18:15 WIB
Mudah Anda coba, berikut 4 cara menghilangkan jerawat secara alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Hampir semua orang pernah memiliki jerawat. Jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah itu, ada banyak cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa Anda coba.

Meski tidak berbahaya, jerawat yang muncul terus-menerus dapat mengganggu penampilan. Jerawat terjadi karena pori-pori kulit tersumbat.

Ada banyak faktor yang dapat memicu kemunculan jerawat. Mulai dari perubahan hormon, produksi minyak kulit berlebih, hingga kebersihan kulit yang tidak terjaga.

Cobalah untuk memakai bahan-bahan berikut ini. Namun, jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya.

Segera hentikn pemakaian jika ada reaksi alergi yang muncul. Jika tidak, Anda bisa melanjutkan pemakaian secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Lidah buaya

India.com mengatakan, antiinflamasi yang terdapat dalam lidah buaya mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit. Tidak terkecuali jerawat.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Cukup oleskan gel lidah buaya sebagai pelembab kulit sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bruntusan memakai bahan alami

Pepaya

Cara menghilangkan jerawat secara alami lainnya adalah dengan memanfaatkan pepaya. Pepaya dapat membersihkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Tak hanya itu, kandungan dalam pepaya pun mampu meredakan peradangan sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Pertama-tama, tumbuk pepaya hingga halus lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan dulu selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Karena bisa membuat kulit kering, Anda perlu melanjutkan perawatan dengan mengaplikasikan pelembab sesuai dengan tipe kulit Anda.

Cuka Apel

Cuka apel juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami, lo. Antibakteri dalam cuka apel efektif melawan bakteri penyebab jerawat.

Zat asam yang ada dalam cuka apel juga dapat mengurangi produksi minyak, jadi kemunculan jerawat bisa berkurang. Anda perlu mencampur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3 terlebih dahulu.

Setelah itu, aplikasikan pada wajah menggunakan kapas lalu diamkan selama 20 detik dan bilas dengan air. Anda bisa mengulangi cara tersebut sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Inilah 4 manfaat minyak zaitun untuk wajah, apa saja?

Madu dan kayu manis

Kayu manis dan madu bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami.

Mengutip dari India.com, madu dan kayu manis adalah kombinasi yang efektif sebagai obat jerawat. Bahan alami itu mengandung banyak antibakteri dan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Caranya, campur dua sendok maud dan satu sendok bubuk kayu manis. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada kulit wajah.

Diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air. Anda perlu melakukannya secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Selanjutnya: Begini cara menghilangkan komedo hitam dan komedo putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×