kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,35   5,75   0.58%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minum kopi 30 menit sebelum olahraga bisa membakar lemak lebih maksimal, benarkah?


Selasa, 30 Maret 2021 / 11:18 WIB
Minum kopi 30 menit sebelum olahraga bisa membakar lemak lebih maksimal, benarkah?


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum secangkir kopi pekat sebelum olahraga bisa membakar lemak lebih maksimal. 

Segelas kopi hitam, jadi minuman wajib untuk sebagian orang di pagi hari. Jangan heran, minuman ini dipercaya bisa meningkatkan mood dan membuat seseorang menjadi bersemangat menjalani aktivitas. 

Baca Juga: Catat! Ini minuman yang aman diminum penderita diabetes

Melansir dari Food.NDTV.com, segelas kopi hitam pekat efektif membakar lemak lebih maksimal saat berolahraga. 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition menyatakan kafein (sekitar 3mg/kg setara dengan kopi kental) yang diminum setengah jam sebelum aerobik mampu meningkatkan pembakaran lemak secara signifikan. 

Dalam penelitian tersebut mencatatkan bila efek kafein lebih terlihat pada sore hari dibandingkan pagi hari. 

Berbekal penelitian tersebut, para peneliti melakukan analisa untuk menentukan apakah kafein, zat ergogenic yang dikonsumsi benar-benar bisa meningkatkan oksidasi atau pembakaran lemak selama latihan. 

Francisco Jose Amaro-Gahete, Departemen Fisiologi UGR, penulis penelitian tersebut mengatakan rekomendasi minum kopi saat perut kosong untuk menurunkan berat badan lebih cepat kurang (terbukti) secara ilmiah, karena tidak diketahui apakah peningkatan pembakaran lemak tersebut disebabkan oleh olahraga di pagi hari atau karena tidak makan dalam jangka waktu lama. 

Para peneliti melakukan studi observasional dengan melibatkan 15 orang pria sebagai partisipan. 

Mereka harus olahraga empat kali dalam selama satu minggu. Mereka mengonsumsi 3mg/ kg kafein atau plasebo pada pukul 8 pagi dan 5 sore. Para peneliti mencatat kondisi partisipan sebelum dan setelah olahraga. 

Hasil observasional tersebut menyatakan mengonsumsi kafein kental 30 menit sebelum aerobik bisa meningkatkan oksidasi lemak maksimum selama latihan dan tidak tergantung oleh waktu. 

Penemuan tersebut menengaskan adanya variasi diurnal dalam oksidasi lemak selama latihan. Nilai tersebut lebih tinggi pada saat sore hari dibandingkan pagi hari untuk jam yang sama saat berpuasa. 

Kafein bisa meningkatkan oksidasi lemak selama olahraga pagi dengan cara yang serupa dengan yang diamati tanpa asupan kafein pada sore hari. 

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa kombinasi asupan kafein kental dan aerobik yang dilakukan dalam intensitas sedang di sore hari baik untuk orang yang ingin meningkatkan pembakaran lemak selama olahraga. 

Baca Juga: 8 Penyebab gula darah naik yang harus Anda ketahui

Selanjutnya: Ini cara minum kopi yang aman untuk penderita asam lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×