Minum air putih sebanyak-banyaknya untuk mengurangi bau mulut

Selasa, 26 Juli 2011 | 10:00 WIB Sumber: Harian KONTAN, 26 Juli 2011
Minum air putih sebanyak-banyaknya untuk mengurangi bau mulut

ILUSTRASI. IHSG ditutup naik 0,85% di 5.176,10 pada Rabu (14/10) setelah dibuka melemah. pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/07/10/2020.


Masalah bau mulut sudah tentu akan mengurangi kenyamanan dalam menjalankan aktivitas di pergaulan sehari-hari. Apalagi, ketika berkomunikasi dengan orang lain secara langsung.

Masalah bau mulut ini bisa terjadi karena produksi air liur dalam mulut dan pencernaan yang berkurang. Namun, selama menjalankan ibadah puasa, hal ini tidak bisa dihindarkan.

Nah, untuk menangkal bau mulut itu salah satu caranya adalah dengan meminum air putih sebanyak delapan hingga 10 gelas selama berbuka puasa hingga sahur. Hal ini untuk menghindari dehidrasi dan mulut kering. Selain itu juga untuk menjaga keseimbangan tubuh. "Jangan lupa juga menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan menggosok gigi secara benar," kata Ester Oksianita, dokter di Balai Pengobatan Pusat Rehabilitasi Yakkum.

Perbanyak juga makan buah apel, bengkuang, dan wortel untuk mengusir bau mulut ini. Yang pasti, selama puasa jangan memakan makanan yang beraroma tajam, seperti jengkol, bawang, atau petai. Minum yoghurt juga bagus menjaga pencernaan dan menghambat bau mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru