kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menpar Arief Yahya sebut tiga goal di Sail Sabang


Minggu, 03 Desember 2017 / 22:30 WIB
Menpar Arief Yahya sebut tiga goal di Sail Sabang


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengklaim bahwa Sail Sabang 2017 akan melahirkan dampak hebat bagi dunia pariwisata Aceh. Gaungnya bakal mendunia dan mendorong Sabang semakin kuat maju dan bermanfaat buat masyarakat. 

"Pertama adalah lahirnya jalur regatta yachting Golden Triangle SaPhuLa. Ini singkatan dari Sabang, Phuket dan Langkawi. Jalur ini akan mendunia karena tiga negara, tiga destinasi, dalam satu paket Visit yang ada di jalur perahu pesiarnya. Ini yang akan lahir dan bertumbuh pasca Sabang Sail 2017," ungkap Arief Yahya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Minggu (3/12).

Arief mengatakan, jalur ini juga biasa disebut dengan diamond triangle, di mana para yahcter dunia atau kapal pesiar akan kumpul di jalur itu. Jalur tersebut juga akan melahirkan perhelatan Regatta yang eventnya akan digelar bulan April sampai Mei tahun 2018.

Menpar juga meminta media memantau pembangunan Yatcher Club yang rencananya akan dibangun di Sabang dalam waktu dekat ini.

"Dan wisata Bahari di Sabang akan menjadi andalan di Indonesia. Regatta itu balapan kapal pesiar yang jumlahnya sangat banyak dan didominasi wisatawan mancanegara. Setelah lahir di Sabang, maka akan menjadi andalan masyarakat dan atraksi wisata yang besar di Sabang. Orang akan banyak datang dan orang banyak datang itu menyejahterakan," kata pria asli Banyuwangi itu. 

Kedua yang diharapkan lahir dari Sail Sabang 2017 adalah kompetisi freediving kelas dunia. Kompetisi ini debutnya sudah digelar di Sabang dan telah masuk menjadi rangkaian acara Sail Sabang 2017 sejak satu bulan yang lalu. 

Menpar juga akan mendorong kepada pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan training centre dive di Sabang. Selain itu, pihaknya juga akan mempersiapkan sumber daya manusia yang punya keahlian free diving di Sabang.

Dan, yang ketiga yang diharapkan lahir di Sail Sabang 2017 adalah di bidang kemaritiman terutama perikanan. Kata Menpar, ikan itu 80% di dunia dihasilkan dari ikan budidaya dan 20% dari ikan tangkap atau ikan yang dipancing oleh manusia. 

"Tiga ending itu yang nantinya juga akan bisa menyejahterakan Aceh dan khususnya kota Sabang ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×