kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menggebuk stik drum pembakar kalori


Sabtu, 29 April 2017 / 13:27 WIB
Menggebuk stik drum pembakar kalori


Reporter: Teodosius Domina | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Jika Anda penggemar olahraga, pasti sudah pernah mendengar jenis olahraga baru bernama pound fit. Olahraga yang mulai masuk ke Indonesia pada pertengahan 2016 ini pada prinsipnya menggabungkan gerak badan dengan instrumen tongkat (stik) layaknya bermain drum.

Yang membuat olahraga ini diklaim efektif melunturkan lemak karena cabang dari fitness exercise ini menggabungkan prinsip-prinsip gerakan yoga, pilates, plyometric dan isometric exercise. Jika sudah memahami gerakan-gerakannya, maka melakukan olahraga ini selama 45 menit saja diperkirakan bisa mengeluarkan energi sekitar 700 kalori-1.000 kalori.

Inilah yang menjadi daya tarik utama olahraga pound fit. Anda bisa membakar banyak kalori dengan waktu relatif singkat. Olahraga ini juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sangat sibuk dan tak punya banyak waktu untuk berolahraga.

Di negara asalnya, Amerika Serikat, pound fit mulai diperkenalkan sejak tahun 2011. Olahraga ini mulai digaungkan oleh dua drummer wanita, yaitu Kristen Potenza dan Cristina Peerenboom.

Adalah Laila Munaf, salah satu orang yang mengimpor olahraga ini ke Indonesia. Instruktur zumba pertama di Indonesia ini memang sempat tinggal di negeri Paman Sam untuk bersekolah.

Kala itu, di kota tempat ia bermukim yakni di Boston, Massachusetts, pound fit mulai menjadi hype. "Sejak kembali ke Indonesia tahun 2009 dan mengajak teman-teman dekat saya ikut zumba, saya berpikiran sudah saatnya ada olahraga baru yang juga seru dan mudah diikuti semua kalangan, semua gender, bahkan yang fitness levelnya masih pemula," ujar Laila kepada KONTAN.

Laila bercerita, olahraga ini terasa seru karena sambil diperdengarkan musik yang nge-beat dan mengikuti entakan-entakannya. "Tapi lagunya tidak bisa sembarangan sesuai genre yang disukai instruktur. Pound pusat punya standar dan kami (instruktur) selalu dikirimi email jika ada lagu baru yang temponya sesuai," imbuhnya.

Karena itu, bagi pemula yang ingin berolahraga pound fit harus hati-hati dalam melakukan gerakan. Ritmenya cepat dan harus dipukulkan dengan cukup kuat. Kalau salah pukul, bisa-bisa cidera.

Setidaknya ada empat gerakan dasar yang harus cepat dikuasai pemula, yaitu menabuh sambil berdiri, menekuk lutut, duduk dan setengah berjongkok. Dengan empat gerakan dasar ini, seluruh otot tubuh dilatih.

Sebenarnya budget untuk melakukan olahraga ini cukup murah. Anda hanya cukup punya pakaian olahraga dan stik yang disebut ribstick. Bentuknya mirip dengan stik drum, tetapi lebih ringan dan berwarna hijau. Gerakan dengan instrumen ripstick ini juga membuat kestabilan tubuh Anda menjadi lebih baik.

Sayangnya, ribstick ini bisa patah juga. Padahal kalau beli harus impor dari negara asalnya Amerika Serikat dan sampai saat ini belum bisa lolos dari Bea Cukai. "Jadi kalau kadang mereka sedang tour ke Singapura atau dekat Indonesia misalnya, kami harus ambil langsung ke sana," kata Laila yang pernah menjadi karyawan di sebuah sekuritas di Amerika ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×