kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Mengatasi impotensi dengan jus buah bit

Kamis, 26 April 2018 / 12:04 WIB

Mengatasi impotensi dengan jus buah bit
ILUSTRASI. Budidaya Buah Bit

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Buah bit sering dijadikan sebagai bahan pewarna sekaligus pengental untuk jus dan smoothies. Umbi berwarna ungu kemerahan ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah sebagai obat impotensi alami, yang tentunya menarik bagi kebanyakan pria. Impotensi alias disfungsi ereksi terjadi ketika penis tidak mendapatkan cukup aliran darah segar untuk membuatnya “berdiri” atau mempertahankan ereksi cukup lama.

Impotensi umumnya disebabkan oleh penyakit yang menghambat sirkulasi darah seperti diabetes dan hipertensi, atau kondisi kesehatan tertentu yang menghambat kerja saraf otak untuk menciptakan gairah seperti depresi.

Buah bit mengandung nitrat tinggi yang akan diubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat ini kemudian akan dialirkan ke dinding pembuluh darah dalam penis untuk mengaktifkan enzim yang disebut siklik guanosin monofosfat (cGMP).

Enzim cGMP menginstruksikan otot-otot halus penis untuk rileks agar aliran darah segar bisa mengalir bebas dan menciptakan ereksi. Semakin banyak jumlah cGMP, maka semakin deras aliran darah menuju penis.

Semakin deras aliran darah ke penis, semakin cepat ereksi berkembang dan tahan lama. Ingat bahwa salah satu penyebab impotensi yang paling umum adalah hipertensi, yang bisa merusak pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah menuju penis?

Nah, dilansir dari laman Healthline, sebuah studi tahun 2014 melaporkan bahwa minum satu cangkir jus buah bit setiap hari mampu melancarkan tekanan darah yang sama manjurnya seperti minum obat penurun tekanan darah.

Selain itu, penelitian dari Universitas Exter di Inggris menyatakan bahwa minum jus bit bisa meningkatkan stamina tubuh karena kandungan nitratnya mengurangi pembakaran oksigen selama kita beraktivitas fisik. Sederhananya, minum jus buah bit membuat kita tidak mudah loyo saat seks, yang notabene butuh dan membakar banyak energi.

Meski begitu, sejauh ini bukti-bukti medis yang ada belum cukup kuat untuk mendukung keamanan jus buah bit untuk dipakai sebagai obat impotensi alami. Sebelum menggunakan buah bit sebagai obat impotensi alami, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter.

Pasalnya, tidak semua orang dapat bebas menikmati jus bit tanpa efek samping. Kebanyakan minum jus buah bit bisa menyebabkan urin jadi berwarna merah gelap, sebuah kondisi yang disebut bituria. Bituria adalah efek samping jus buah bit yang paling umum.

Namun tak perlu khawatir, karena kondisi ini tidak berbahaya dan akan segera hilang setelah berhenti mengonsumsi buah bit. Risiko efek samping yang perlu lebih diwaspadai adalah pembentukan batu ginjal.

Buah bit mengandung kalsium oksalat yang akan mengikat kalsium dan kemudian membentuk batu-batu kecil dalam ginjal. Buah bit juga memiliki kadar gula yang cukup tinggi, maka orang yang memiliki diabetes dianjurkan untuk lebih bijak lagi mengatur porsinya.

Pasalnya, saat buah bit diolah menjadi jus, sebagian besar kandungan seratnya hilang sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Pada intinya, sah-sah saja jika ingin minum jus bit guna mengobati impotensi.

Namun ingat bahwa buah bit bukanlah satu-satunya cara untuk mengatasi masalah seksual ini. kita tetap perlu berobat ke dokter untuk mengobati kondisi penyebabnya serta menjalani gaya hidup sehat dan aktif berolahraga agar senantiasa tahan lama di atas ranjang. (Wisnubrata)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jus Buah Bit, Obat Impotensi Alami yang Lebih Aman "


Sumber : Kompas.com
Editor: Yudho Winarto

KESEHATAN

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0011 || diagnostic_api_kanan = 7.0749 || diagnostic_web = 7.2881

Close [X]
×